Kominfo mengumumkan kebakaran pada gedung Cyber 1 berdampak pada proses identifikasi IMEI.
Kominfo mengumumkan kebakaran pada gedung Cyber 1 berdampak pada proses identifikasi IMEI.

Kebakaran Gedung Cyber 1 Berdampak pada Identifikasi IMEI

Teknologi Kominfo
Lufthi Anggraeni • 03 Desember 2021 11:40
Jakarta: Kebakaran Gedung Cyber 1 di Jakarta Selatan, Kamis siang, 2 Desember 2021, berhasil dipadamkan. Kebakaran yang diduga berasal dari korsleting listrik itu dipadamkan sekitar 30 menit.
 
Tidak hanya kerugian material, kebakaran ini menelan korban jiwa dan berdampak pada aktivitas di dunia maya. Dampak ini juga dirasakan oleh Pusat Data atau Server yang mengelola Central Equipment Identity Register (CEIR).
 
“Saat ini kami masih menunggu update terbaru dari pengelola Gedung Cyber 1 serta pengelola Pusat Data CEIR untuk menentukan langkah tindak lanjut yang diperlukan. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” ujar Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akibatnya, proses identifikasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) melalui CEIR mengalami gangguan. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan Gangguan pada pusat Data CEIR ini turut berdampak pada layanan IMEI sehingga sejumlah prosedur tidak dapat dilakukan.
 
Sejumlah prosedur tersebut termasuk proses registrasi IMEI pada perangkat Handphone, Komputer Genggam dan Tablet (HKT) yang dibawa penumpang dan barang kiriman yang dilakukan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI.
 
Prosedur lainnya yaitu proses registrasi IMEI pada perangkat HKT milik tamu negara, VVIP dan VIP yang dilakukan melalui Kementerian Luar Negeri RI, serta proses registrasi IMEI milik wisatawan asing yang dilakukan melalui penyelenggara jaringan telekomunikasi bergerak seluler.
 
Gangguan ini juga berdampak pada proses registrasi Tanda Pendaftaran Produksi (TPP) IMEI yang dilakukan melalui Kementerian Perindustrian RI dan proses penggantian kartu SIM baru yang dilakukan melalui penyelenggara jaringan telekomunikasi bergerak seluler.
 
Proses aktivasi perangkat HKT baru yang dilakukan melalui gerai penjualan perangkat HKT di seluruh Indonesia juga terkendala akibat kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber 1 di Jakarta Selatan ini.
 
Kominfo menegaskan bahwa seluruh proses tersebut belum dapat dilakukan seperti biasa hingga proses pemulihan kondisi pasca kebakaran selesai. Kominfo menyebut pihaknya masih menunggu informasi terbaru dari pihak pengelola Gedung Cyber 1 dan pengelola Pusat Data CEIR.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif