Ilustrasi.
Ilustrasi.

NVIDIA Optimus Incar Integrasi Mulus di Laptop

Teknologi nvidia hardware geforce rtx vga
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 23 April 2019 21:28
Bangkok: Laptop kelas menengah saat ini umumnya mengadopsi dua kartu grafis. Kartu grafis utama berasa dari prosesor, yang biasa disebut Intel HD Graphics. Sementara kartu grafis kedua berasal dari pabrikan NVIDIA.
 
Keduanya memiliki perbedaan performa, dengan kartu grafis NVIDIA menyediakan tenaga yang lebih baik. Sementara Intel HD Graphics punya kelebihan berupa konsumsi daya laptop yang secara keseluruhan lebih hemat.
 
Untuk memudahkan pergantian fungsi keduanya, NVIDIA menanamkan satu fitur yang mereka namai Optimus. Secara teori, NVIDIA Optimus diklaim mampu mendeteksi penggunaan ketika satu aplikasi memerlukan grafis yang lebih baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


NVIDIA Optimus Incar Integrasi Mulus di Laptop
 
Fitur ini sebetul sudah dirilis sejak beberapa tahun lalu. Teknologi NVIDIA Optimus kembali dibahas dalam sesi media terbatas dalam acara NVIDIA di Bangkok, Thailand. Dalam acara tersebut NVIDIA juga sempat memperkenalkan jajaran laptop terbaru dengan kartu grafis GeForce GTX 1660 Ti dan GTX 1650.
 
Kembali ke teknologi NVIDIA Optimus, sangat mudah untuk mengenali cara kerja fitur ini. Sebagai contoh, ketika pengguna memakai laptop hanya untuk berselancar internet atau mengetik, maka laptop tidak harus mengoperasikan kartu grafis NVIDIA yang terpasang.
 
“Ini membuat baterai laptop menjadi lebih efisien. Selain itu, kami juga ingin memberikan pengalaman penggunaan yang mulus,” kata NVIDIA Director of Technical Marketing, APAC Jeffrey Yen.
 
Dia mengklaim bahwa pengguna laptop berkartu grafis NVIDIA tidak akan menyadari transisi dari penggunaan kartu grafis Intel HD Graphic ke NVIDIA dan sebaliknya.
 
Sebelum Optimus, NVIDIA sebenarnya juga sudah menanamkan teknologi sejenis bernama Switchable Graphics. Teknologi yang muncul pada tahun 2007 tersebut berusaha menjadi jembatan antara kebutuhan laptop akan kartu grafis terpisah tetapi belum mampu mengoptimalkan daya tahan baterai.
 
NVIDIA Optimus Incar Integrasi Mulus di Laptop
 
Teknologi ini mendukung Windows 7 dan Vista. Namun, saat itu masih terdapat banyak kekurangan. Salah satu tantangannya adalah pergantian fungsi kartu grafis yang harus dilakukan secara manual. Ini menyebabkan pengguna harus keluar dari satu aplikasi, kemudian mengatur ulang.
 
Kekurangan kedua adalah tidak semua aplikasi mendukung teknologi itu, ditambah waktu yang lebih lama dalam proses transisi.
 
NVIDIA mengklaim Optimus bisa mendeteksi sebuah aplikasi yang berjalan, dan menentukan apakah aplikasi tersebut memerlukan kinerja grafis tinggi atau biasa.
 
NVIDIA Optimus juga punya profil seperti daftar laptop untuk mememberikan pengaturan yang tepat, mengingat setiap model laptop punya konfigurasi masing-masing.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif