Ilustrasi. (Getty Images)
Ilustrasi. (Getty Images)

Ada Malware Cryptomining di Update Adobe Flash

Teknologi cyber security
Cahyandaru Kuncorojati • 12 Oktober 2018 22:40
Jakarta: Meksipun tren uang kripto tidak seheboh awal tahun ini, masih banyak peretas yang beraksi dengan menyusupkan malware cryptomining atau penambang uang kripto ke banyak perangkat korban.
 
Dikutip dari TheNextWeb, perusahaan keamanan siber Palo Alto Networks menemukan bahwa ada malware cryptomining di aplikasi launcher atau update Adobe Flash dengan trik yang tidak mudah diketahui orang awam.
 
Seperti yang diketahui bahwa Adobe Flash merupakan salah satu elemen atau plugin yang sering dijumpai pada aplikasi peramban internet. Adobe Flash mendukung kontem multimedia dari sebuah situs agar bisa berjalan di peramban internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dijelaskan bahwa peretas membuat updater palsu yang berisi malware cryptomining. Namun, updater tersebut akan menyediakan update Adobe Flash yang asli agar tidak mencurigakan. Jadi korbannya tetap mendapatkan update,tapi sekaligus malware.
 
Awalnya peneliti Palo Alto Networks menemukan 113 file updater Adobe Flash Player yang anehya tidak berada di dalam layanan server milik Adobe. Rupanya itu berisi bot cryptomining untuk mata uang Monero.
 
Bot cryptomining ini tidak bekerja sejak awal update Adobe Flash. Saat update tersebut sudah terpasang,bot cryptomining langsung terhubung ke server dan dompet uang kripto milik peretas.
 
Sejauh ini pihak Adobe dikabarkan terkait penemuan ini, tetapi belum memberikan jawaban atas permasalahan tersebut.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif