Snapchat mengakui bahwa proses verifikasi usia platformnya tidak berfungsi sebagai mestinya.
Snapchat mengakui bahwa proses verifikasi usia platformnya tidak berfungsi sebagai mestinya.

Snapchat Akui Sistem Verfikasi Usia di Aplikasi Tidak Berguna

Teknologi snapchat
Lufthi Anggraeni • 21 Maret 2019 11:02
Jakarta: Setelah dikonfrontasi oleh Parlemen Inggris, Snapchat mengakui bahwa proses verifikasi usia platformnya tidak mampu mencegah pengguna dengan usia di bawah 13 tahun untuk mendaftarkan diri.
 
Hal ini disebut Engadget bukan rahasia, sebab pengguna hanya diminta memasukan informasi terkait dengan tanggal kelahiran mereka, dinilai mudah untuk dikelabuhi. Meskipun demikian, pengakuan Snapchat dinilai sebagai hal penting di industri internet.
 
Senior Director International Public Policy Snapchat Stephen Collins menyebut bahwa hal ini merupakan permasalahan yang dihadapi oleh seluruh pelaku industri internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Collins menyebut hingga saat ini belum tersedia cara ampuh untuk mencegah anak berusia di bawah 13 tahun untuk mendaftar di platform manapun.
 
Selain itu, Collins juga menyebut bahwa Snapchat tengah bekerja sama dengan Home Office Department Inggris untuk mengembangkan sistem verifikasi usia baru. Namun, Collins enggan memberikan informasi lebih detail akibat terhalang oleh kesepakatan antara keduanya.
 
Collins dan petinggi Snapchat lain menjalani pertemuan dengan komite Digital, Culture, Media dan Sport Inggris, setelah anggota keluarga korban pembunuhan berusia 14 tahun menerima pesan ejekan via layanan tersebut.
 
Petinggi Snapchat ini menyebut, jika menemukan pengguna dengan usia di bawah 13 tahun, perusahaannya akan memblokir dan menghapus akun tersebut. Pendaftar via peramban web, akan ditandai oleh Cookie untuk menampilkan informasi terkait dengan usia sebenarnya via situs lainnya.
 
Namun, baik anggota parlemen dan Snapchat sepakat bahwa sistem perlindungan dan keamanan yang telah diterapkan tersebut masih belum sesuai dengan standar keamanan yang diperlukan.
 
Sebelumnya, Snap Inc dilaporkan berencana untuk memperbaiki keadaan dengan memperkenalkan fitur utama baru, berupa platform gaming mobile Project Cognac.
 
Platform ini akan diumumkan pada tanggal 4 April mendatang, di gelaran konferensi untuk mitra konten dan pengembang, di Los Angeles, California, Amerika Serikat.
 
Platform baru ini akan terintegrasi dengan aplikasi Snapchat dan berbekal sejumlah game pihak ketiga yang dirancang untuk dapat berfungsi secara spesifik di dalam aplikasi jejaring sosial tersebut.
 
Menyoal game yang dapat dimainkan pengguna, Snap Inc. belum mengonfirmasi judul game apapun. Namun, Snap Inc disebut tengah mengembangkan sejumlah judul game karyanya perusahaannya sendiri.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif