Telkomsel mengumumkan kerja sama dengan Perusahaan Listrik Nasional (PLN) DISJAYA terkait NB-IoT.
Telkomsel mengumumkan kerja sama dengan Perusahaan Listrik Nasional (PLN) DISJAYA terkait NB-IoT.

Telkomsel dan PLN Disjaya Pasang Solusi NB-IoT

Teknologi telkomsel
Lufthi Anggraeni • 30 Oktober 2018 18:22
Jakarta: Telkomsel mengumumkan kerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) DISJAYA dalam implementasi solusi Narrow Band - IoT (NB-IoT).
 
Solusi ini akan diterapkan pada sistem Advanced Metering Infrastructure (AMI) pada sejumlah pelanggan besar PLN di wilayah DKI Jakarta.
 
"Kerja sama ini akan saling menguntungkan bagi PLN dan Telkomsel, karena dapat saling bersinergi dalam menghadirkan layanan terbaik untuk masyarakat. Teknologi ini akan sesuai untuk mesin ke mesin yang butuh data kecil tapi terus menerus," ujar VP Corporate Account Management Telkomsel Primadi K. Putra.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kerja sama ini juga disebut sebagai bentuk dukungan Telkomsel dalam proses transformasi digital yang tengah dijalankan oleh PLN. Kerja sama ini disambut baik oleh PLN, yang menyebut solusi ini dapat membantu menurunkan biaya dan konsumsi daya operasional.
 
Sebab sebelumnya, PLN telah memanfaatkan teknologi 3G dari Telkomsel untuk melakukan montoring dan pembacaan alat pengukur daya listrik atau metering di sejumlah alat untuk pelanggan korporasi besar, serta sejumlah gardu di 23 ribu titik gardu di Jakarta.
 
Baik Telkomsel dan PLN menyebut saat ini belum berencana untuk mengimplementasikan solusi ini pada alat metering pelanggan rumahan.
 
Rencana implementasi ini, diakui Senior Manager Distribusi PLN UID Jakarta Raya Faisol, baru akan dipertimbangkan setelah memperoleh hasil pengujian.
 
Sebagai informasi, teknologi akses NB-IoT AMI ini merupakan bagian dari pengembangan platform IoT Smart Connectivity Telkomsel yang sudah hadir terlebih dahulu dengan 2G/3G/4G.
 
Sementara itu, AMI merupakan bagian dari Smart Grid yang berfungsi sebagai “last mile” atau akses pelanggan dengan perangkat dan alat terhubung secara online dengan server terpusat.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif