MediaTek tengah mengembangkan modem 5G mandiri, serta chipset 5G terintegrasi.
MediaTek tengah mengembangkan modem 5G mandiri, serta chipset 5G terintegrasi.

MediaTek Tengah Kembangkan Chipset 5G

Teknologi mediatek
Lufthi Anggraeni • 02 November 2018 11:17
Jakarta: MediaTek mengumumkan modem 5G pertamanya, Helio M70, diprediksi akan mendukung perangkat pada pertengahan tahun pertama tahun 2019.
 
Perusahaan asal Tiongkok ini juga menyebut tengah mengembangkan chipset 5G terintegrasi.Chipset 5G terintegrasi ini akan tersedia di pasar lebih lambat, diperkirakan pada akhir tahun 2019 mendatang.
 
Artinya perangkat pertama yang didukung oleh chipset 5G terintegrasi karya MediaTek ini akan tersedia di pasar pada tahun 2020 mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, modem M70 mandiri berarti bukan bagian dari chipset. Modem ini dinilai cukup mampu mendukung ambisi MediaTek untuk memasok modem 5G untuk Apple, sebab iPhone menggunakan chip modem eksternal, dan saat ini sebagian besar iPhone menggunakan chip modem karya Intel.
 
Tidak hanya Intel, Qualcomm yang sempat terlibat permasalahan hukum dengan Apple juga memiliki model 5G eksternal. Modem terintegrasi pada chipset lebih diminati produsen smartphone sebab membantu menurunkan biaya produksi produk.
 
Apple memang mampu mengeluarkan biaya produksi lebih banyak, tetapi GSM Arena menyebut kehadiran chipset 5G terintegrasi ini akan disambut baik oleh produsen lain yang beroperasi dengan modal minim dan harus menghemat biaya produksi.
 
MediaTek juga tengah bersiap untuk mengubah anggaran Research and Development (R&D) perusahaannya untuk pengembangan teknologi 5G.
 
Saat ini, MediaTek tengah menunggu momen tepat karena industri tengah dalam periode transisi. Investasi di ranah 5G yang digelontorkan MediaTek juga diperkirakan akan melebihi investasinya di 4G.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif