TMI (Telkomsel Mitra Inovasi).
TMI (Telkomsel Mitra Inovasi).

Ingin Cari Startup Berpotensi, Telkomsel Bentuk TMI

Teknologi telkomsel telekomunikasi startup
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Mei 2019 18:17
Jakarta: Operator seluler Telkomsel baru saja mengumumkan keberadaan anak perusahaan baru barunya, bernama TMI (Telkomsel Mitra Inovasi). Perusahaan itu akan mendukung pertumbuhan startup di Indonesia.
 
Dalam rilis yang diterima Medcom.id, disebutkan bahwa selain membentuk TMI, Telkomsel ini juga menyiapkan dana investasi sebesar USD40 juta (Rp577 miliar). Dana itu akan digunakan untuk mendanai startup yang berada di tahap pertumbuhan awal atau early-growth stage.
 
Dana awal investasi tersebut merupakan hasil kolaborasi Telkomsel TMI dengan MDI Ventures Telkom dan Sintel Innov8 yang merupakan perusahaan modal ventura milik Singtel, operator asal Singapura.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nantinya, TMI bertugas melakukan aktivitas investasi serta proses sinergi dan kolaborasi di berbagai unit bisnis Telkomsel untuk mendorong aspek transformasi digital perusahaan. Tujuannya adalah mengakselerasi pengembangan berbagai layanan baru, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan optimalisasi proses bisnis perusahaan.
 
"Kolaborasi kami bersama MDI Ventures Telkom dan Singtel Innov8 melalui TMI akan memberikan Telkomsel kemampuan untuk menghadirkan engagement model yang lebih fleksibel, responsif, dan dapat diandalkan bagi startup yang mencari akses ke permodalan strategis kami," jelas Dirut Telkomselm, Ririek Adriansyah.
 
"Di saat yang sama, juga dapat menghadirkan user experience yang lebih baik dengan kerja sama yang saling menguntungkan dalam jangka panjang," ucapnya.
 
Pihak Telkomsel menyebut bahwa TMI akan berinvestasi pada perusahaan baru yang menjanjikan dan memiliki potensi bekerja sama secara sinergis dalam mengakselerasi pertumbuhan perusahaan tersebut dengan memanfaatkan akses pada ekosistem, aset, dan kompetensi yang dimiliki Telkomsel.
 
CEO TMI, Andi Kristianto menyebut bahwa pihaknya selalu mencari cara untuk memanfaatkan aset Telkomsel dan bisa dikembangkan dengan cara yang berbeda.
 
"Banyak market insights yang dapat kami berikan dari perspektif enterprise dan consumer di Indonesia. Kami juga dapat membantu meningkatkan corporate awareness dalam ekosistem bisnis digital," tutur Andi.
 
Langkah Telkomsel menyediakan dukungan dan berkolaborasi dengan startup Tanah Air bukan hal baru. Telkomsel mengklaim sejak 2015 ada lebih dari 5.000 startup dari 20 kota di Indonesia telah mendapatkan akses melalui program The NextDev.
 
Pada tahun 2018, Telkomsel juga meluncurkan program inkubasi untuk Internet of Things (IoT) bernama Telkomsel Innovation Center (TINC), yang bertujuan untuk membantu mereka mengeksekusi strategi go-to-market dan meningkatkan kapabilitas teknis produk mereka.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif