Ilustrasi Cortana di masa depan.
Ilustrasi Cortana di masa depan.

Microsoft Build 2019

Microsoft Ingin Cortana Paham Konteks Percakapan

Teknologi microsoft Microsoft Build
Ellavie Ichlasa Amalia • 07 Mei 2019 11:09
Seattle:Perusahaan teknologi besar memiliki asisten virtual mereka sendiri. Seperti Apple dengan Siri, Google dengan Assistant, Amazon dengan Alexa, dan tentu saja, Microsoft dengan Cortana.
 
Asisten virtual ini memang sudah bisa menerima perintah suara. Namun, biasanya, perintah yang Anda berikan harus sangat spesifik.Selain itu, Anda juga tidak bisa meneruskan percakapan, seperti layaknya manusia.
 
Anda mungkin bisa meminta Cortana untuk memasukkan waktu pertemuan Anda dengan seseorang, tapi Anda tidak bisa meminta asisten virtual itu untuk membantu Anda mengatur hari yang padat dengan pertemuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Microsoft ingin mengubah hal ini. Dalam konferensi Build, perusahaan asal Redmond itu menunjukkan visi mereka soal Cortana. Anda bisa melihat apa yang Microsoft inginkan pada Cortana di masa depan dalam video di bawah.
 

 
Dalam video di atas, Anda bisa melihat bagaimana seorang eksekutif wanita mengobrol dengan Cortana tentang jadwalnya. Cortana bisa mengerti perintah sang wanita bahkan ketika ucapannya tidak terdengar seperti perintah. Cortana juga bisa mengingat konteks percakapan sepanjang percakapan.
 
Untuk mengajarkan konteks pada asisten digital, Microsoft akan memanfaatkan teknologi natural languanges interface milik Semantic Machines, yang telah mereka akuisisi pada Mei 2018. Natural languanges interface memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan mesin atau asisten digital layaknya dengan manusia lain.
 
Selama ini, asisten digital dibuat untuk bereaksi pada kata kunci yang telah diantisipasi oleh sang programmer. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk meminta sesuatu. Seorang programmer tidak akan bisa memprediksi semua itu.
 
Karena itulah, nantinya, Cortana tidak akan menjalankan perintah berdasarkan kode yang tertulis, tapi ia akan memahami konteks untuk memenuhi perintah berdasarkan data.Misalnya, ketika pengguna meminta Cortana untuk menunjukkan hasil pertandingan olahraga, Cortana tidak akan menjalankan kode yang tertulis sebelumnya.
 
Sebagai gantinya, sistem Semantic Machines akan "melatih" Cortana untuk tahu cara mendapatkan hasil pertandingan olahraga dengan berbagai cara, sehingga ia akan bisa tahu cara untuk hasil pertandingan itu ketika pengguna memintanya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif