CBN mengumumkan pemenang dari kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER.
CBN mengumumkan pemenang dari kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER.

Inilah Para Pemenang Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 25 Januari 2019 08:19
Bandung: Cyberindo Aditama (CBN) mengumumkan pemenang kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER. Kompetisi yang berlangsung dari tanggal 23 Januari 2018 lalu, menasbihkan tim pengembang Permanent Betadev, sebagai juara pertama kompetisi ini.
 
“Kompetisi ini menjadi upaya mengembangkan teknologi IP Weather melalui kreativitas developer muda Indonesia. Kami berharap kompetisi ini tidak hanya melahirkan inovasi teknologi IP Weather, juga memberikan ilmu dan pengalaman bernilai bagi peserta,” ujar Chief Operating Officer CBN Marcelus Ardiwinata.
 
Sementara itu, tim pengembang NaviCuaca dan NiteLogin berhasil meraih juara kedua dan ketiga. Tim Permanent Betadev menelurkan aplikasi bertajuk Seedplan, berkemampuan memberikan rekomendasi tanaman yang sesuai dengan kondisi cuaca untuk bercocok tanam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangka, tim pengembang NaviCuaca menghasilkan aplikasi NAVICUACA, menggabungkan aplikasi Google Maps dengan informasi cuaca, guna menampilkan informasi di wilayah yang ingin dituju.
 
Tim pengembang NiteLogin memenangi kompetisi ini berkat aplikasi bertajuk KUSMANA, sistem pengendalian titik kemacetan berbasis pengawasan cuaca.
 
Untuk pemerintah, sistem ini akan memberikan informasi terkait pertimbangan keputusan pengendalian lalu lintas, sedangkan untuk pengguna, aplikasi ini akan memberitahukan rute lain yang tidak terpengaruh cuaca.
 
Melalui kompetisi yang terdiri dari waktu coding selama 10 jam ini, peserta ditantang untuk menciptakan aplikasi berbasis data terkait cuaca yang dihimpun oleh alat sensor IP Weather, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
 
Alat sensor IP Weather tersebut telah terpasang di sejumlah kelurahan dan kecamatan di Kota Bandung, Jawa Barat. Alat ini bertugas menghimpun data terkait cuaca seperti suhu dan kelembaban udara, curah hujan, kecepatan angin, radiasi matahari dan sinar UV.
 
Data cuaca tersebut dikirimkan ke Weather Station API, memungkinkan data dapat disajikan secara langsung, namun disaring berbasis sensor dan waktu yang diinginkan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi