Mengutip Phone Arena, fitur ini diluncurkan dengan tujuan meningkatkan personalisasi dan memberi keleluasaan bagi pengguna dalam memilih konten yang ingin mereka lihat lebih sering, atau tidak ingin lihat sama sekali.
Dengan Your Algorithm, Instagram tidak hanya menampilkan konten berdasarkan penilaian otomatis dari aktivitas pengguna sebelumnya, tetapi juga memungkinkan pengguna melihat sendiri minat yang diprediksi oleh sistem dan kemudian menyesuaikannya secara langsung.
Menurut rilis resmi, Your Algorithm mulai tersedia di tab Reels dan diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat sebelum menyebar ke wilayah lain dalam bahasa Inggris. Sebagai informasi, fitur Your Algorithm merupakan alat baru yang ditenagai oleh kecerdasan buatan (AI) berkemampuan menganalisis aktivitas dan preferensi pengguna di aplikasi Instagram.
Berdasarkan interaksi seperti tontonan, suka, dan komentar, sistem AI akan menyimpulkan topik yang seharusnya menarik bagi pengguna. Setelah itu, pengguna dapat membuka menu Your Algorithm dengan mengetuk ikon kecil bergambar dua garis dengan hati di pojok kanan atas tab Reels.
Di sana, pengguna akan melihat daftar minat yang dianggap relevan oleh sistem, yang kemudian bisa disesuaikan seperti menambah topik baru yang diinginkan dan menghapus topik yang tidak lagi diminati.
Dengan memberi pilihan ini secara langsung, Instagram berharap pengalaman menonton Reels menjadi jauh lebih relevan dan sesuai keinginan masing-masing pengguna. Instagram juga memberi opsi bagi pengguna untuk membagikan daftar minat mereka ke Instagram Story, sehingga dapat ditampilkan ke pengikut sebagai bentuk ekspresi personal atas preferensi konten.
Selama bertahun-tahun, algoritma di berbagai platform media sosial kerap menjadi misteri bagi pengguna. Bagi banyak orang, alasan kemunculan konten tertentu di feed sering dipertanyakan. terutama di bagian Reels yang mengutamakan video pendek.
Fitur Your Algorithm dihadirkan Meta datang di tengah kritik terhadap sistem rekomendasi yang dianggap kurang transparan. Dengan alat baru ini, Instagram tidak hanya memberi kemampuan pengaturan, tetapi juga menampilkan ringkasan dari topik minat yang dijadikan dasar rekomendasi.
Hal ini bisa menjadi langkah penting dalam membangun kepercayaan pengguna terhadap cara kerja algoritma, sekaligus memberikan kendali langsung atas pengalaman konten mereka. Peluncuran Your Algorithm terjadi di tengah persaingan ketat dengan platform lain seperti TikTok yang sudah lebih dulu memperkenalkan fitur untuk mengatur topik yang muncul di For You feed.
TikTok, misalnya, menawarkan fitur Manage Topics memungkinkan pengguna menentukan kategori konten yang ingin mereka lihat lebih sering atau diminimalkan. Instagram dinilai pengamat mengambil pendekatan serupa tetapi lebih personal dan mendalam, karena daftar topik yang dihasilkan tidak generik, melainkan disesuaikan dengan pola interaksi setiap pengguna.
Hal ini memberikan nilai tambah bagi pengguna Instagram yang ingin pengalaman konten lebih personal namun tetap dipandu oleh AI yang memahami preferensi mereka. Fitur Your Algorithm saat ini diluncurkan untuk pengguna di Amerika Serikat dan akan segera dirilis secara global dalam bahasa Inggris terlebih dahulu.
Instagram juga menyatakan bahwa fitur serupa akan diperluas ke bagian lain dari aplikasi, misalnya tab Explore, serta berpotensi untuk tersedia di jejaring lain di bawah naungan Meta seperti Threads. Ekspansi ini menunjukkan Meta tengah mencoba memberikan lebih banyak alat kepada pengguna untuk mempersonalisasi pengalaman mereka, bukan hanya di Reels tetapi juga di seluruh platform.
Bagi pengguna biasa, fitur ini berarti mereka dapat menikmati konten yang benar-benar sesuai minat mereka tanpa perlu bergantung sepenuhnya pada prediksi algoritma tidak terlihat. Sementara bagi kreator konten, fitur ini memberi sinyal bahwa pemahaman topik yang diminati penonton menjadi lebih penting.
Kreator perlu memastikan konten mereka relevan dengan minat aktual audiens agar tetap muncul dalam rekomendasi Reels.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News