Peneliti asal Tiongkok berhasil temukan cara untuk melakukan jailbreak pada iOS 11.2.1. (AP Photo/Eric Risberg)
Peneliti asal Tiongkok berhasil temukan cara untuk melakukan jailbreak pada iOS 11.2.1. (AP Photo/Eric Risberg)

Peneliti Alibaba Temukan Cara Bobol iOS 11.2.1 di iPhone X

Teknologi apple iphone ios cyber security iphone x
Ellavie Ichlasa Amalia • 18 Desember 2017 13:52
Jakarta:Peneliti keamanan dari Alibaba mengklaim bahwa mereka telah berhasil melakukan jailbreak pada iPhone X yang menggunakan iOS 11.2.1.
 
Dalam sebuah blog post, para peneliti menjelaskan bahwa pada awalnya mereka telah berhasil membobol iOS 11.2, tapi metode yang sama juga bisa digunakan untuk melakukan jailbreak pada 11.2.1 yang baru saja dirilis minggu lalu.
 
Head of Secure Pandora Labs, Alibaba, Song Yang mengatakan bahwa proses jailbreak ini "sempurna" dan "berbeda" dari metode jailbreak lain yang telah dilakukan sebelum ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Pandora Labs tidak berencana untuk merilis metode yang mereka gunakan ke masyarakat luas. Mereka juga tidak memberikan informasi lengkap tentang cara mereka melakukan jailbreak ini.
 
Seperti yang disebutkan oleh 9to5Mac, Pandora Labs menyebutkan bahwa apa yang mereka lakukan hanyalah untuk "tujuan riset keamanan."
 
Peneliti Alibaba Temukan Cara Bobol iOS 11.2.1 di iPhone X
 
"Meskipun iOS 11.2 telah memperbaiki sebagian masalah keamanan, kami telah mengonfirmasi bahwa iOS terbaru masih bisa di-jailbreak pada hari pertama ia dirilis. Walau kami berhasil melakukan jailbreak pada iOS 11.2 dengan cepat, kami tetap hanya membatasi ini pada tujuan riset keamanan, tim kami tidak akan menyediakan alat untuk melakukan jailbreak."
 
Meskipun tidak ada informasi detail tentang cara untuk melakukan jailbreak, tampaknya metode yang digunakan para peneliti di Pandora Labs memanfaatkan celahbuffer overflow pada memori, yang mendorong terjadinya kernel panic. Masih belum diketahui apakah pihak lain akan bisa meniru metode ini.
 
Kabar tentang kesuksesan Alibaba muncul setelah peneliti Google Project Zero Ian Beer mengumumkan bahwa dia menemukan kelemahan kernel di iOS 11.1.2 yang memungkinkan dilakukannya jailbreak pertama pada iOS 11.
 
Meskipun metode jailbreak itu hanya bisa dilakukan pada versi iOS lama, apa yang Alibaba lakukan menunjukkan bahwa metode mereka juga bisa digunakan pada iOS versi terbaru, yaitu 11.2.1.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif