Ilustrasi.
Ilustrasi.

UEA Punya Alat untuk Mata-Matai Pengguna iPhone?

Teknologi apple iphone cyber security
Ellavie Ichlasa Amalia • 31 Januari 2019 13:22
Jakarta:Sebuah alat hacking memungkinkan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) memata-matai pengguna iPhone hanya dengan mengirimkan sebuah SMS.
 
Bernama Karma, alat ini memungkinkan para mata-mata mengambil foto, pesan, email, dan data lokasi dari iPhone hanya dengan mengunggah akun email atau nomor ponsel pengguna iPhone ke sistem terotomatisasi, menurut laporan CNET.
 
Serangan siber ini bisa bekerja melalui iMessage. Untuk bisa memata-matai korban, sang mata-mata hanya cukup mengirimkan sebuah pesan SMS. Sang target bahkan tidak perlu mengklik atau membuka pesan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah UEA membeli alat ini dari asing. Dan serangan mata-mata dilakukan oleh mantan mata-mata Amerika Serikat yang bekerja sebagai kontraktor untuk UEA, termasuk orang-orang yang pernah bekerja di badan keamanan nasional AS (NSA).
 
Orang-orang yang menjadi target seperti aktivis HAM, oposisi politik, dan para pemimpin negara yang menjadi kompetitor mereka.
 
Mata-mata menggunakan Karma mulai 2016 sampai 2017, menargetkan ratusan orang, sampai udpate keamanan dari Apple membuat alat itu menjadi tidak lagi efektif.
 
Baik pemerintah UEA dan Apple enggan untuk memberikan komentar terkait laporan ini.
 
Negara sering membeli dan menggunakan alat hacking untuk memata-matai target. Bagi para oposisi pemerintah, memastikan bahwa perangkat yang mereka gunakan aman adalah masalah hidup dan mati.
 
Harga alat hacking ini tidak murah. Menurut dokumen yang bocor, satu negara membayar USD32 juta (Rp446,2 miliar) pada NSO Group, perusahaan asal Israel, untuk sebuah spyware yang bisa mengambil alih kendali atas sebuah ponsel dan kamera.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif