Ilustrasi.
Ilustrasi.

Apa Itu Unicorn yang Ditanyakan Jokowi ke Prabowo di Debat Capres?

Teknologi teknologi startup e-commerce
Cahyandaru Kuncorojati • 18 Februari 2019 07:49
Jakarta: Usai acara debat calon presiden semalam, beredar meme terkait unicorn. Gambar kuda imut bertanduk pun bertebaran di media sosial.
 
"Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk mendukung pengembangan unicorn-unirocrn Indonesia?"
 
Pertanyaan tersebut dilontarkan kandidat presiden Joko Widodo, dan jawaban dari pihak Prabowo Subianto dianggapnetizenkurang pas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bapak maksud Unicorn? Apa itu, yang online-online itu?" balas Prabowo Subianto. Pantauan Medcom.id di media sosial, warganet beranggapan Prabowo Subianto sedikit bingung dengan bentuk dari unicorn.
 
Berdasarkan hasil pencarian gambar di Google, unicorn digambarkan sebuah kuda dengan satu tanduk. Namun, konteks unicorn yang disampaikan Joko Widodo sebetulnya istilah dalam industri startup.
 
Apa itu Unicorn? Unicorn adalah sebutan bagi startup atau perusahaan rintisan yang valuasi perusahaannya sudah mencapai angka USD1 miliar atau sekitar Rp14,1 triliun. Valuasi sendiri artinya adalah nilai bisnis dari startup tersebut.
 
Indonesia memang memiliki banyak program inkubasi startup,dan startup baru terus bermunculan. Sesuai dengan penjelasan Joko Widodo, di Indonesia ada empat startup Unicorn. Keempatnya adalah Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.
 
Unicorn hanya tahap awal sebuah kesuksesan startup dari sisi valuasi. Ada dua istilah lagi yaitu decacorn dan hectocorn. Decacorn adalah startup dengan valuasi menyentuh USD10 miliar atau sekitar Rp141,4 triliun. Hectocorn apabila valuasinya menyentuh USD100 miliar (Rp1.414 triliun).
 
Medcom.id yang sempat berbicara dengan Menkominfo Rudiantara usai acara Piala Presiden Esport 2019, pernah menuturkan bahwa tahun ini targetnya ada unicorn baru dan startup decacorn.
 
"Tahun ini targetnya tambah satu unicorn dan bonusnya ada satu yang jadi decacorn. Alhamdullilah, nanti juga ada decacorn yang sebentar lagi jadi, tunggu satu lagi ronde pendanaan," tuturnya. Go-Jek disebut sebagai bakal startup decacorn.
 
Mengutip laporan TechCrunch dari tahun lalu hingga saat ini, Go-Jek telah menerima pendanaan dari nama-nama besar global. Mulai dari Google, Tencent, dan JD.COM telah menyuntikan dana ke Go-Jek.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif