Founder dan CEO Qlue, Rama Aditya.
Founder dan CEO Qlue, Rama Aditya.

Aplikasi Smart City Qlue Juga Tersedia di Luar Jakarta

Teknologi teknologi aplikasi smart city
Cahyandaru Kuncorojati • 01 Mei 2019 12:43
Jakarta: Aplikasi solusi smart city buatan Tanah Air Qlue tidak akan lagi hanya jadi alat pemerintahan DKI Jakarta.
 
Dalam rilis yang diberikan Qlue kepada Medcom.id, disampaikan bahwa mereka juga akan tersedia untuk kota Bandung, Makassar, dan Kupang. Jadi masyarakat di tiga kota tadi juga akan bisa melaporkan masalah perkotaan dengan cepat ke pemerintah setempat.
 
Qlue menyatakan telah melakukan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan tiga pemerintah kota tersebut pada awal tahun ini, dan dijadwalkan aplikasi Qlue akan mulai dapat digunakan oleh warga pada akhir Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada akhir tahun lalu, Qlue terpilih mengikuti program Ecosystem Accelerator Innovation Fund dari GSM Association, yang merupakan asosiasi perusahaan telekomunikasi dunia. Qlue fokus mengembangkan solusi smart city yang melibatkan teknologi mobile, artificial intelligence, dan internet of things (IoT).
 
Qlue memilih Bandung, Makassar, dan Kupang sebagai tiga proyek smart city GSMA karena ketiga kota tersebut telah memiliki infrastruktur IT memadai serta komitmen yang kuat dari pemerintah daerah.
 
Setelah MoU disepakati oleh kedua belah pihak, pengimplementasian dan proses integrasi akan berjalan dalam rentang waktu tiga bulan. Setelah periode tersebut, warga kota Bandung, Makassar, dan Kupang sudah dapat melakukan pelaporan masalah lingkungan dan kota melalui aplikasi Qlue.
 
"Kami memilih tiga kota tersebut karena Qlue telah mendapatkan dukungan penuh dari perangkat pemerintah sehingga proses tindak lanjut laporan warga menjadi efektif, " tutur Founder dan CEO Qlue, Rama Aditya.
 
"Kami harap hadirnya Qlue di Bandung, Makassar, dan Kupang dapat membantu warga untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan kotanya untuk menjadi smart city dan mempercepat Indonesia menjadi smart nation," imbuhnya.
 
Saat ini user Qlue mencapai lebih dari 700 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan adanya program GSMA ini, Qlue menargetkan user akan meningkat 125 ribu pengguna baru di tiga kota ini.
 
Qlue juga sudah menjadi perusahaan ekosistem smart city terbesar di Indonesia. Diklaim lebih dari 50 institusi negara dan swasta multi-industri telah menggunakan solusi teknologi dari Qlue. Mulai dari pemerintahan pusat dan daerah, BUMN, penegak hukum, real-estate, transportasi umum, hingga manufaktur.
 
"Sejak awal berdiri Qlue mengambil inisiatif untuk terus memperkenalkan smart city solution kepada publik, dan meningkatkan partisipasi warga guna mendorong perubahan pelayanan publik agar lebih transparan dan akuntabel," jelas Rama.
 
"Kami membangun sebuah platform dalam bentuk dashboard yang dapat menampilkan keluhan warga sehingga pemerintah mempunyai data real-time dan lokasi untuk memetakan berbagai keluhan dan masukan dari warganya," lanjtnya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif