Pesawat buatan Stratolaunch memiliki dua bodi.
Pesawat buatan Stratolaunch memiliki dua bodi.

Pesawat Terbesar Dunia Lepas Landas

Teknologi teknologi
Ellavie Ichlasa Amalia • 15 April 2019 09:26
Jakarta:Pesawat terbesar di dunia terbang untuk pertama kalinya pada Sabtu pagi. Dibuat oleh perusahaan peluncur roket, Stratolaunch, pesawat berbobot 500 ribu pon ini dan panjang sayap 385 kaki ini terbang darai Mojave Air and Space Port di Mojave, California, Amerika Serikat pada pukul 10 pagi ET.
 
Ini adalah penerbangan pertama dari pesawat yang didesain untuk meluncurkan roket ke orbit dari udara. Penerbangan ini berlangsung selama 150 menit, menurut Stratolaunch. Setelah pengujian penerbangan, pesawat mendarat tanpa masalah, lapor The Verge.
 
Pesawat dengan dua bodi ini dapat terbang dengan ketinggian 35 ribu kaki. Di sana, pesawat ini bisa melepaskan roket yang ia bawa. Roket itu kemudian dapat menyalakan mesinnya dan terbang ke orbit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, tidak ada roket yang terpasang pada pesawat Stratolaunch. Namun, mereka telah mendapatkan setidaknya satu pelanggan, yaitu Northrop Gumman, yang berencana untuk mengirimkan roket Pegasus XL menggunakan pesawat Stratolaunch.
 
Pesawat Terbesar Dunia Lepas Landas
 
"Ini adalah momen emosional untuk saya, untuk melihat pesawat ini terbang," kata CEO Stratolaunch, Jean Floyd. Sesuai perkiraan, pesawat berhasil mencapai kecepatan maksimal 175 mil perjam dengan ketinggian maksimal 15 ribu kaki.
 
"Penerbangan berjalan dengan lancar, seperti kebanyakan penerbangan pertama sebuah pesawat," kata Evan Thomas, pilot yang menguji pesawat itu. Dalam fase penerbangan pertama, Stratolaunch menguji kualitas kendali pesawat. "Ia terbang sama seperti di simulasi, sesuai prediksi kami," katanya.
 
Pengujian ini Stratolaunch tiga bulan setelah mereka memecat lebih dari 50 pekerja dan memutuskan untuk menghentikan pengembangan roket mereka sendiri. Pada awalnya, mereka berencana untuk tidak hanya mengembangkan pesawat untuk meluncurkan roket, tapi juga roket itu sendiri.
 
Perubahan rencana ini diduga akibat meninggalnya co-founder Microsoft, Paul Allen, yang mendirikan Stratolaunch pada 2011."Dia pasti sangat bangga untuk melihat pesawatnya terbang," kata Floyd, tentang Allen, yang meninggal pada tahun lalu. "Meskipun dia tidak ada hari ini, saya berbisik, 'terima kasih.'"
 
Sayangnya, Stratolaunch enggan untuk menjelaskan rencana mereka setelah kesuksesan penerbangan pesawat buatan mereka.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif