Ponsel Sony Bakal Hilang dari Afrika dan Timur Tengah

Cahyandaru Kuncorojati 28 Juni 2018 13:40 WIB
Ponsel Sony Bakal Hilang dari Afrika dan Timur Tengah
Sony Xperia XZ.
Jakarta: Indonesia sudah lama tidak mendengar kabar bisnis smartphone Sony Xperia di Tanah Air. terakhir kali terdengar di tahun 2016, saat mereka merilis Sony Xperia Z5, M5 dan C5.

Kini hal yang serupa tampaknya juga akan di alami oleh Sony Mobile Business Group di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Turki pada bulan Oktober tahun ini. Kabar tersebut pertama kali digaungkan akun Twitter Evan Blass yang dikenal sebagai leaker industri smartphone ternama.

Dalam cuitan Evan disebutkan bahwa Sony Mobile akan menutup kantor dan operasionalnya di kawasan yang disebutkan tadi pada bulan Oktober. Apabila benar, maka dipastikan tidak akan ada lagi smartphone terbaru Sony yang hadir di kawasan itu termasuk layanan purna jual.

Mengutip Android Authority, kuat dugaan bahwa langkah ini diambil Sony akibat penjualan yang buruk dan berimbas terus menyusutnya pangsa pasar smartphone Sony di dunia.
 
Dalam informasi yang dibocorkan terkait pertemuan pihak Sony dengan investor, disebutkan pertumbuhan dan produksi produk smartphone dianggap kurang cepat sehingga kehilangan kompetisi pasar yang kini sangat cepat.

Meskipun begitu, Sony terlihat masih berusaha mengejar ketertinggalan mereka. Di ajang MWC 2018 mereka menghadirkan produk dengan desain layar rasio 18:9 serta kamera ganda yang pertama kalinya lewat Sony Xperia XZ2 Premium.

Kemungkinan besar Sony akan mengalihkan fokusnya kepada pasar Eropa sesuai informasi yang berasal dari pertemuan Sony dengan investornya. Alasannya Sony memang memiliki basis penggemar yang besar di pasar Eropa ketimbang beberapa kawasan yang ditinggalkannya.

(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.