Sony melaporkan peningkatan pendapatan di sejumlah divisi pada laporan finansial kuartal lalu.
Sony melaporkan peningkatan pendapatan di sejumlah divisi pada laporan finansial kuartal lalu.

Pengapalan Sony Xperia Kembali Stabil

Teknologi teknologi sony
Lufthi Anggraeni • 30 Oktober 2020 10:23
Jakarta: Sony merilis laporan finansial perusahaan selama tiga bulan terakhir yang berakhir pada tanggal 30 September lalu. Laporan ini menyampaikan berita baik dari divisi mobile, yang mengapalkan sebanyak 600 ribu unit smartphone, selevel dengan periode yang sama tahun lain.
 
Mengutip GSM Arena, pengapalan Xperia dilaporkan sempat mengalami penurunan dan mencapai titik terendah di awal tahun ini hanya dengan mengapalkan sebanyak 400 ribu unit. Dengan demikian, pencapaian pada level yang sama ini dinilai sebagai indikasi baik.
 
Selain itu, kuartal akhir tahun 2020 ini menjadi periode terkuat dalam riwayat perjalanan divisi mobile Sony, sehingga jumlah ini diperkirakan akan kembali mengalami peningkatan di masa mendatang. Namun Sony telah menggabungkan divisi mobile dengan divisi Electronics Products & Solution.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Divisi tersebut dilaporkan memperoleh pendapatan dan pendapatan operasional lebih tinggi pada kuartal ini. Sony memprediksi penjualan untuk satu tahun penuh akan tetap stabil, namun dengan pendapatan operasional sedikit lebih tinggi.
 
Penjualan lebih tinggi dari TV menjadi salah satu kontributor utama peningkatan pendapatan tersebut, dan jajaran produk beralih ke arah model lebih high-end. Divisi ini juga berhasil mengurangi biaya operasional, yang menjadi inti konsolidasi tersebut.
 
Dampak dari pandemik Covid-19 dapat dengan mudah ditemukan dalam laporan keuangan tersebut. Divisi Game & Network Services Sony memperoleh angka penjualan dan profit lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
 
Penjualan PlayStation 4 mengalami penurunan karena konsol ini telah mencapai akhir dari siklus hidupnya. Namun, Sony tengah berupaya untuk memenuhi tingginya permintaan konsol game generasi terbarunya, PS5, sehingga penurunan PS4 dinilai tidak mengkhawatirkan.
 
Selain itu, penjualan game dan program berlangganan PlayStation Plus juga mengalami peningkatan. Sementara itu, Sony Pictures menjadi divisi yang mengalami dampak dari pandemi terburuk, sebab sebagian besar produksi harus tertunda, bahkan dibatalkan.
 
Prediksi untuk satu tahun ini adalah bahwa penjualan lisensi TV dan perangkat hiburan rumah akan mengalami peningkatan, namun penundaan perilisan konten film akan berdampak negatif. Divisi Music juga menghasilkan pendapatan lebih besar pada kuartal ini, dengan penjualan media fisik dan streaming yang mengalami peningkatan.
 
Pendapatan divisi Music diperkirakan akan terus mengalami peningkatan, dan segmen Imaging & Sensing Solutions, umumnya merupakan menjadi divisi terkuat, mengalami kendala. Laporan ini menyampaikan penjualan lebih rendah dan harus mengurangi sensor gambar smartphone di inventaris, dengan biaya R&D yang mengalami peningkatan.
 
Sony memprediksi bahwa penjualan sensor smartphone akan mengalami penurunan selama tahun 2020 dan prediksi penjualan sensor kamera digital yang lebih tinggi disebut tidak dapat mengimbangi penurunan, sehingga pendapatan operasional untuk tahun 2020 akan lebih rendah.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif