“Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yang senantiasa menyediakan konektivitas, layanan, dan solusi inovatif serta unggul bagi setiap orang, setiap rumah, dan kegiatan usaha,” tutur Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna.
Tiga kategori penghargaan yang dimenangkan Telkomsel pada gelaran TM Forum’s Innovation Awards 2024 yakni Best Moonshot Catalyst - Attendee’s Choice Award, Outstanding Catalyst - Rising Star, dan Outstanding Catalyst - Attendee’s Choice Award.
Pada kategori Best Moonshot Catalyst - Attendee’s Choice Award berhasil diraih Telkomsel bersama sejumlah perusahaan yaitu China Mobile, MTN South Africa, Huawei, ZTE, Sand Technologies, Asia Info Technologies China, dan Whale Cloud Technology.
Mereka bersama Telkomsel membuat proyek inovasi GenAI for AN AN’ terkait pemanfaatan Kecerdasan Buatan Generatif untuk otomatisasi dan optimalisasi jaringan telekomunikasi (Autonomous Network) seperti perencanaan dan pemeliharaan jaringan yang lebih efisien, mulai dari analisis data sampai dengan pengambilan keputusan otomatis.
Kemudian untuk kategori Outstanding Catalyst - Rising Star, penghargaan ini diberikan berkat inovasi ‘AI for Customer Perception Network Optimization’ yang dikembangkan oleh Telkomsel bersama dengan AIS, China Mobile, China Unicom, Saudi Telecom Company (STC), Huawei, ZTE dan Inspur Communication Information Systems.
Inovasi tersebut menyediakan solusi pengembangan teknologi yang mampu meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
Proyek ini juga memanfaatkan big data dan teknologi digital twin untuk mengidentifikasi dan menangani masalah sebelum pelanggan mengeluh, serta meningkatkan penanganan keluhan menggunakan pengenalan suara dan sinyal.
Satu lagi yaitu kategori Outstanding Catalyst - Attendee’s Choice Award diberikan kepada
Telkomsel dan perusahaan telekomunikasi digital dan teknologi yakni AIS, China Mobile, Globe,
Saudi Telecom Company (STC), Huawei, Hangzhou Eastcom Software Technology dan Sudo
Technology.
Telkomsel dan yang lain berkontribusi memanfaatkan kemampuan pengambilan keputusan (decision intelligence) berbasis data untuk meningkatkan Net Promoter Score (NPS) dengan nama proyek ‘Data to NPS: Boosting NPS’.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News