Aplikasi Google Family Link untuk Anak dan Remaja mendapatkan rating buruk di Play Store.
Aplikasi Google Family Link untuk Anak dan Remaja mendapatkan rating buruk di Play Store.

Anak-Anak Kompak Beri Bintang Satu ke Aplikasi Google Family Link

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 02 Juni 2020 17:42
Jakarta: Aplikasi Google Family Link untuk Anak dan Remaja mendapatkan rating buruk di toko aplikasi Google Play Store, sebesar 1,6 bintang. Hal ini disinyalir akibat sebagian besar pengguna memberikan rating satu bintang pada aplikasi ini.
 
Berdasarkan unggahan pengguna Facebook bernama Taufik Hidayat, sejumlah pengguna memberikan rating dan ulasan buruk karena aplikasi ini menyebabkan mereka tidak dapat menggunakan smartphone dengan bebas, setelah dipasang oleh orang tua mereka.
 
Tidak hanya pengguna di Indonesia, keluhan ini juga disampaikan pengguna dari negara lain dalam bahasa Inggris. Sebagian besar pengguna Google yang merupakan anak-anak ini menyuarakan ketidaksukaan mereka terhadap aplikasi karena menilai membatasi waktu mereka bermain game di smartphone.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, pengguna lain juga menyebut bahwa aplikasi ini menghalanginya untuk melakukan instalasi APK pada smartphone, melakukan root ponsel, memindahkan data via USB, dan menambahkan akun YouTube.
 
Sebagian besar pengguna juga mengeluhkan bahwa aplikasi Google Family Link untuk Anak dan Remaja ini mengharuskan mereka mendapatkan izin dari orang tua untuk mengunduh dan melakukan instalasi aplikasi pada ponsel cerdasnya.
 
Sementara itu, pengguna lain menyebut bahwa aplikasi ini menyebabkan ponsel miliknya terblokir hingga kehilangan data. Namun dari segelintir keluhan tersebut, terdapat satu pengguna yang menyampaikan dukungannya terhadap aplikasi ini.
 
Menurutnya, Google perlu meningkatkan aplikasi Google Family Link untuk Anak dan Remaja tersebut, dengan harapan anak dengan usia terlalu muda dapat memahami jenis game yang sebaiknya tidak mereka mainkan, serta durasi bermain yang baik.
 
Sebagai informasi, Google Family Link untuk Anak dan Remaja adalah aplikasi yang ditujukan untuk memantau aktivitas anak-anak dan remaja selama memakai ponselnya. Aplikasi ini memudahkan orang tua untuk memantau anak menyoal penggunaan smartphone.
 
Aplikasi ini juga memungkinkan orang tua dalam mengendalikan aplikasi yang dapat diinstall di ponsel anak, dengan demikian anak harus mendapatkan dari izin ponsel orang tua jika ingin menginstall aplikasi. Selain itu, aplikasi Google Family Link untuk Anak dan Remaja ini juga memungkinkan orang tua mengawasi dan mengendalikan durasi pemakaian ponsel anak.
 
Dengan aplikasi ini, orang tua dapat mengatur ponsel anak terkunci secara otomatis pada waktu tertentu, contohnya sebelum tidur. Melalui aplikasi ini, orangtua juga dapat mengawasi aktivitas anak di luar rumah dengan memanfaatkan fitur GPS yang ada pada ponsel anak.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif