Merayakan Hari Kesadaran Aksesibilitas Global, Google merilis sejumlah fitur baru.
Merayakan Hari Kesadaran Aksesibilitas Global, Google merilis sejumlah fitur baru.

Sejumlah Fitur Anyar Google untuk Hari Kesadaran Aksesibilitas Global

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 22 Mei 2020 14:51
Jakarta: Memperingati Hari Kesadaran Aksesibilitas Global, Google mengumumkan sejumlah fitur baru untuk pengguna smartphone, ditujukan untuk menjadikan internet lebih bermanfaat dan lebih mudah diakses oleh penyandang disabilitas.
 
Kehadiran fitur baru ini mengingat hampir sebanyak 700 juta orang di Asia Pasifik merupakan penyandang disabilitas dan merupakan prioritas bagi raksasa mesin pencarian asal Amerika Serikat ini. Dan smartphone juga dinilai Google kerap menjadi jembatan antara pengguna dan dunia luar.
 
Fitur baru tersebut termasuk Action Blocks, Transkripsi Instan, Amplifier Suara, Fokus pada Edukasi, serta Terus mengembangkan Aksesibilitas dan inklusi. Action Blocks merupakan aplikasi yang menyediakan akses mudah untuk melakukan tindakan rutin melalui satu tombol dan dapat disesuaikan di halaman Home.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengguna hanya perlu meluncurkan aplikasi ini untuk memilih aktivitas yang telah tersedia atau aktivitas yang telah diatur sebelumnya, kemudian memilih gambar untuk tombol dan meletakkannya di halaman Home.
 
Sedangkan Transkripsi Instan berkemampuan menyajikan teks dari audio secara gratis dan instan guna memungkinkan percakapan sehari-hari antara penyandang tuna rungu, penderita gangguan pendengaran, dan masyarakat dengan pendengaran normal.
 
Pertama kali diperkenalkan Google pada tahun 2019, di tahun 2020 ini Google menghadirkan update berbekal kemampuan menggetarkan ponsel saat nama pengguna disebut. Selain itu, update ini juga berbekal opsi untuk menambahkan sendiri kata, nama tempat, dan nama benda ke Transkripsi Instan.
 
Update untuk Transkripsi Instan ini juga berbekal fitur penelusuran dalam transkripsi yang pengguna simpan. Sedangkan Amplifier Suara ditujukan agar audio di smartphone Android lebih jernih dengan memperkeras suara lemah tanpa membuat suara yang sudah keras menjadi terlalu keras, melalui pengaturan personalisasi guba menyesuaikan dengan preferensi pengguna.
 
Dengan update tersebut, fitur Amplifier Suara menjadi amplifier portabel yang dapat dimanfaatkan via headphone bluetooth serta bertindak sebagai alat pengeras suara dari aplikasi lain di perangkat Pixel, seperti YouTube dan Spotify.
 
Sementara itu, fitur Fokus pada Edukasi juga ditujukan untuk membantu penyandang disabilitas selama menjalani proses pembelajaran dari rumah akibat pandemik COVID-19 melalui situs Mengajar dari Rumah.
 
Tidak hanya untuk pelajar, fitur ini juga menyediakan panduan untuk pengembang teknologi asistif serta daftar dan tautan ke alat seperti pembaca layar dalam situs A11y Project. Sedangkan Guardian’s Guide to Accessibility atau Panduan Aksesibilitas untuk Wali ditujukan untuk membantu orang tua dan wali dalam mempelajari cara menggunakan solusi aksesibilitas seperti fitur dikte.
 
Google juga menegaskan komitmennya untuk mengerahkan segala upaya dalam memprioritaskan pengembangan dukungan aksesibilitas di ranah online.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif