Indonesia menyumbang 36,3 persen dari total pangsa pasar pengunjung desktop bulanan Q3 2019.
Indonesia menyumbang 36,3 persen dari total pangsa pasar pengunjung desktop bulanan Q3 2019.

Indonesia Sumbang Pengunjung Desktop Bulanan Terbesar di Q3 2019

Teknologi teknologi ecommerce
Lufthi Anggraeni • 10 Desember 2019 16:06
Jakarta: Google Temasek 2019 menyebutkan pengguna internet di Asia Tenggara meningkat 100 juta sejak 2015 menjadi total 360 juta sampai tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi internet di Indonesia dan Vietnam memimpin pasar Asia Tenggara.
 
Indonesia dan Vietnam memimpin dengan laju pertumbuhan sebesar lebih dari 40 persen setiap tahunnya. Pertumbuhan ini juga terlihat dari jumlah pengguna aktif bulanan pada aplikasi ecommerce di Indonesia, baik dari iOS maupun Android.
 
iPrice dan App Annie menyebut aplikasi ecommerce Shopee menjadi aplikasi ecommerce dengan pengguna aktif bulanan terbanyak Indonesia, juga Vietnam, pada kuartal ketiga tahun 2019. Shopee mengalami pertumbuhan setelah pada pada kuartal sebelumnya menduduki peringkat kedua, setelah Tokopedia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keberhasilan Shopee ini disebut tidak lepas dari usahanya melalui sejumlah kampanye yang dilakukan selama kuartal ketiga lalu, termasuk cashback, gratis ongkos pengiriman tanpa minimal jumlah pemesanan, serta pemilihan brand ambassador dari orang terkenal.
 
Selain itu, Shopee juga melakukan program penjualan inisiatif pada tanggal unik setiap bulannya, seperti pada momen 9 September 2019 dan 10 Oktober 2019 lalu, atau dikenal dengan istilah 9.9 dan 10.10.
 
Selain itu, Shopee juga menargetkan generasi milenial agar menghabiskan waktu dalam jangka waktu lebih lama dalam aplikasi mereka melalui game dalam aplikasi. Strategi ini menjadikan tingginya peningkatan keterlibatan pengguna di aplikasi Shopee.
 
Lazada berhasil unggul di empat negara lainnya yaitu Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Sementara itu, Tokopedia dan Bukalapak merupakan dua ecommerce lokal yang beroperasi di Indonesia namun memiliki jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak di Asia Tenggara.
 
Sementara itu, aplikasi Bukalapak disebut mengalami penurunan peringkat terkait dengan total unduh di platform Android, disebabkan oleh pembaruan sistem yang dilakukan oleh salah satu marketplace asal Indonesia ini.
 
Pada kuartal kedua 2019, Bukalapak menduduki peringkat keempat di iOS. Namun pengguna aktif bulanan Bukalapak masih menduduki peringkat ketiga setelah Shopee dan Tokopedia.
 
Sedangkan Zalora merupakan ecommerce fesyen dengan jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak di Asia Tenggara. AliExpress adalah aplikasi ecommerce dengan pengguna aktif bulanan terbesar ke 5 di Asia Tenggara dan peringkat ke 8 di Indonesia.
 
Sementara itu, Indonesia menyumbang 36,3 persen dari total pangsa pasar pengunjung desktop bulanan pada kuartal ketiga tahun 2019. Penurunan sebanyak 10,6 persen setelah pada kuartal sebelumnya 46,9 persen.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif