Peta kabel Equiano.
Peta kabel Equiano.

Google Bakal Bangun Kabel Laut Eropa-Afrika

Teknologi google
Ellavie Ichlasa Amalia • 01 Juli 2019 17:53
Jakarta:Google mengumumkan kabel laut pribadi mereka ketiga. Kali ini, kabel tersebut akan menghubungkan Eropa dengan Afrika.
 
Berawal di Portugal, kabel tersebut melingkari pesisir timur Afrika dan terhubung ke Nigeria dan Afrika Selatan. Kabel yang dinamai Equiano, yang diambil dari nama oblisionis asal Nigeria, Olaudah Equiano, menurut laporan Engadget.
 
Google berkata, mereka telah menanamkan investasi sebesar USD47 miliar dalam tiga tahun terakhir untuk memperbaiki infrastruktur teknologi mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara keseluruhan, Equiano adalah kabel pribadi Google yang ke-3 dan kabel ke-14 yang sebagian investasinya didukung Google. Kabel pribadi pertama Google bernama Curie, menghubungkan Chili dengan Los Angeles, Amerika Serikat.
 
Sementara kabel kedua bernama Dunant. Kabel yang menghubungkan Prancis dengan AS itu akan mulai beroperasi pada tahun depan. Equiano akan mulai beroperasi pada 2021. Kabel bawah laut sangat penting karena ia bertanggung jawab atas 99 persen dari trafik di dunia.
 
Kabel Equiano, yang akan dibangun oleh Alcatel Submarine Networks, sedikit berbeda dari kabel-kabel laut lain, menurut Google.
 
"Equiano akan menjadi kabel bawah laut pertama yang memiliki optical switching pada level fiber dan tidak menggunakan metode wavelength-level switching yang biasa digunakan," tulis Google dalam sebuah blog.
 
Mereka mengklaim, metode ini memiliki kapasitas hingga 20 kali lipat dari kapasitas kabel laut yang terakhir kali di bangun di kawasan Afrika.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif