Hadirnya fitur baru ini dimungkinkan para pengguna untuk membuat iklan Facebook dan Instagram yang mengarahkan ke WhatsApp tanpa memerlukan akun Facebook, serta cara baru untuk terhubung dengan pelanggan secara lebih efisien.
Pengumuman ini disampaikan pada Hari UMKM Internasional dalam sebuah acara di Jakarta yang dihadiri oleh lebih dari 250 pelaku UMKM di Indonesia.
Acara ini juga mendatangkan Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Kemudian, Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia. Bu Rudy, pemilik usaha Sambal Bu Rudy, dan Fahmi Faizal, Co-Founder dan CMO Hijack Sandals.
Mulai saat ini, berbagai bisnis kecil di seluruh dunia yang menjalankan seluruh operasinya di WhatsApp akan dapat membuat, membeli, dan menayangkan iklan Facebook atau Instagram secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp Business.
Artinya, tidak perlu memiliki akun Facebook yang dibutuhkan bisnis untuk memulai hanyalah alamat email dan bentuk pembayaran. Ketika seseorang mengklik iklan, dan iklan tersebut akan membuka chat di WhatsApp sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian.
Iklan ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendorong para calon pelanggan mengirim pesan kepada mereka di WhatsApp. Kemudian, cara ini akan membuka peluang baru bagi bisnis kecil yang hanya menggunakan WhatsApp dan membutuhkan cara yang lebih sederhana untuk mulai beriklan.
Ketika bisnis kecil menemukan pelanggan baru, mereka harus memiliki cara yang dapat membantunya untuk selalu terhubung dengan pelanggan secara cepat dan mudah dalam skala besar.
Kini, Whatsapp akan mulai melakukan uji coba fitur baru dalam aplikasi WhatsApp Business, sehingga bisnis kecil akan mempunyai lebih banyak opsi untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka seperti pengingat janji temu, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan informasi tentang diskon musim liburan dengan cara yang lebih cepat dan efisien.
Daripada harus mengirimkan pesan yang sama secara manual ke beberapa pelanggan, fitur baru ini akan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk mengirimkan pesan pribadi berisi nama pelanggan dan tombol ajakan bertindak yang dapat disesuaikan ke daftar pelanggan tertentu seperti mereka yang memiliki label khusus (misalnya, "pelanggan VIP" atau "pelanggan baru"),
Selain itu, mereka juga menghadirkan fitur untuk menjadwalkan hari dan waktu pengiriman pesan, dan kemudian melihat efektivitasnya. Kami akan menawarkan jenis pesan opsional tingkat lanjut ini secara berbayar di aplikasi WhatsApp Business. Detail selengkapnya akan kami bagikan dalam waktu dekat.
Jadi, bisa dikatakan Whatsapp ingin lebih memberikan aksesibilitas yang mudah untuk para pegiat UMKM, dan juga para calon konsumen. Selain itu, para calon konsumen juga akan lebih mudah untuk menemukan barang atau produk yang mereka cari melalui Whatsapp Business. (Christopher Louis)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News