Kominfo mengumumkan telah mempersiapkan rute jaringan baru dan cadangan untuk dukung PON XX 2021 Papua.
Kominfo mengumumkan telah mempersiapkan rute jaringan baru dan cadangan untuk dukung PON XX 2021 Papua.

Antisipasi Gangguan Jaringan PON XX 2021 Papua, Kominfo Siapkan Rute Jaringan Baru dan Cadangan

Teknologi Kominfo telekomunikasi BAKTI
Lufthi Anggraeni • 25 September 2021 10:37
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mitra penyelenggara layanan telekomunikasi mengumumkan komitmen untuk menyediakan layanan berkualitas dan memadai selama penyelenggaraan PON XX 2021 Papua.
 
“Kominfo telah menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi gangguan jaringan telekomunikasi di wilayah Papua dan Papua Barat selama PON XX 2021 berlangsung. Salah satu persiapannya dengan membangun rute baru fiber optik kabel laut,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.
 
Johnny menjelaskan bahwa rute baru ini akan berada di kedalaman 4.000 meter di sebelah utara Kota Jayapura, Papua, dan ditujukan untuk menyediakan layanan telekomunikasi 4G berkualitas saat penggelaran PON XX 2021 berlangsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Kominfo dan mitra penyelenggara telekomunikasi juga berkoordinasi secara intensif dengan operator seluler guna menjaga jaringan telekomunikasi berkualitas selama pekan olahraga nasional tersebut terselenggara.
 
Kominfo juga telah mempersiapkan rencana cadangan guna mengantisipasi bila terjadi gangguan telekomunikasi di wilayah Papua dan Papua Barat pada saat penyelenggaran PON XX 2021 berlangsung.
 
Johnny menyebut bahwa Kominfo bekerjasama dengan Telkom dalam merancang back up jaringan telekomunikasi guna mendukung PON dan kegiatan masyarakat, serta pemberitaan di saat bersamaan.
 
Antisipasi gangguan jaringan telekomunikasi tersebut dilakukan dengan menyiapkan jalur cadangan yang mencakup wilayah Jayapura - Madang - Port Moresby - Guam - Manado sebagai alternatif pertama, dan wilayah Jayapura - Madang - Port Moresby - Sydney - Batam sebagai alternatif kedua.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif