Twitter menguji fitur yang memungkinkan pengguna mengikuti topik sesuai minat mereka.
Twitter menguji fitur yang memungkinkan pengguna mengikuti topik sesuai minat mereka.

Twitter Uji Fitur untuk Ikuti Topik Serupa Ikuti Akun

Teknologi twitter
Lufthi Anggraeni • 14 Agustus 2019 13:38
Jakarta: Twitter menguji fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengikuti minat mereka, serta memungkinkan pengguna menemukan topik untuk diikuti di linimasa. Saat resmi meluncur, pengguna akan dapat mengikuti topik seperti selebriti, acara televisi dan lainnya.
 
Selain topik, fitur ini juga akan menampilkan tweet terkait di feed akun pengguna, bersamaan dengan tweet lain. Topik akan dikurasi oleh Twitter, ditampilkan bersamaan dengan tweet individual yang diidentifikasi oleh pembelajaran mesin dan bukan hasil kurasi editorial.
 
Untuk saat ini, The Verge melaporkan fitur tersebut baru menyajikan topik terkait dengan olahraga. Product Manager Twitter Rob Bishop menyebut perusahaannya baru menguji fitur ini pada platform Android.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah ini mewakili upaya terbaru Twitter dalam membantu pengguna menemukan konten terbaik bagi mereka di platform saat tidak mengetahui akun yang perlu diikuti. Selama beberapa tahun, Twitter berupaya menghadirkan kemudahan bagi penggunanya dalam menemukan nilai di Twitter, juga guna menarik pengguna baru.
 
Sebelumnya, Twitter menghadirkan Twitter Moments memungkinkan pengguna untuk mengikuti acara seperti Oscar atau pertandingan olahraga. Dalam pengujiannya, Twitter mengaku ingin mengetahui dampak fitur ini dalam mempengaruhi pengalaman penggunaan secara keseluruhan.
 
Twitter telah berupaya untuk menemukan insentif buruk yang dimiliki oleh platform karyanya, sebab fitur suka dan retweet dinilai kerap berfungsi untuk mempromosikan kemarahan dan polarisasi.
 
Hingga saat ini masih belum tersedia informasi terkait perbedaan kemampuan antara algoritma promosi minat dengan algoritma promotor retweet. Namun Twitter mengaku tidak berencana untuk menciptakan topik untuk hal yang mungkin diminati oleh pengguna.
 
Hal ini mengindikasikan bahwa fitur ini bisa menjadi sangat sensitif sebab berpotensi untuk disalahgunakan oleh pengguna tidak pantas. Pengguna juga dapat mengaktifkan mode senyap pada topik, sehingga dapat menyembunyikan tweet terkait dari feed.
 
Pada pengujian lain, Twitter mengeksplorasi opsi yang memungkinkan pengguna membuat daftar terpisah di dalam aplikasi terkait minat mereka. Pada demonstrasi, Product Manager Twitter menggabungkan kata kunci dan sejumlah akun individual untuk membuat daftar baru yang serupa feed dan dapat diakses melalui gestur usap.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif