XL Axiata meresmikan BTS USO di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.
XL Axiata meresmikan BTS USO di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

XL Axiata Gelar Jaringan USO di Nusa Tenggara Timur

Teknologi xl telekomunikasi
Lufthi Anggraeni • 30 Oktober 2019 13:03
Jakarta: Sebagai bagian dari komitmennya dalam mendukung pemerataan ketersediaan jaringan telekomunikasi di Indonesia, XL Axiata meresmikan BTS Universal Service Obligation (USO) di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
Pembangunan jaringan USO di wilayah NTT ini merupakan bagian dari upayanya mengembangkan infrastruktur di luar pulau Jawa dan mencakup berbagai provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Pada tahun ini, XL Axiata menargetkan cakupan sebanyak 289 titik di KTI.
 
"Agar mereka segera dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain dan memajukan wilayahnya tersebut. Ini sekaligus mempercepat pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah,” Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada tahun ini, XL Axiata membangun titik BTS USO di 51 kabupaten, sebagian besar berada di Kawasan Tengah dan Timur Indonesia, termasuk Sulawesi, NTT, Maluku, dan Papua. Pembangunan ini, jelas Yessie, dilakukan XL Axiata mulai bulan Oktober ini dan ditargetkan selesai sebelum akhir tahun 2019.
 
Pada tahun 2019, XL Axiata telah membangun 289 BTS USO di wilayah Indonesia, dan seluruhnya merupakan BTS untuk jaringan 4G. XL Axiata menyebut akan melanjutkan pembangunan jaringan USO ini pada tahun 2020 mendatang.
 
Sebagai informasi, selama tahun 2017 dan 2018, XL Axiata terfokus dalam membangun jaringan USO di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.
 
XL Axiata mengklaim di wilayah tersebut, data trafik di masing-masing BTS tercatat mengalami peningkatan signifikan, dengan rata-rata sebesar 11 persen hingga 15 persen, dan diiringi dengan penambahan jumlah pengguna.
 
Untuk wilayah NTT, XL Axiata telah menyediakan layanan jaringan data sejak tahun 2017 di 22 kota/kabupaten melalui dukungan 1.000 BTS. menyoal jaringan 4G, layanan XL Axiata telah tersedia di 19 kota/kabupaten di NTT melalui 200 BTS.
 
Saat ini, jaringan XL Axiata telah melayani sekitar 21 kota/kabupaten, yaitu Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kota Kupang, Kupang, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo Ngada, Rote Ndao, Sikka, Sumba Barat, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Sabu Raijua, Sumba Barat Daya, Malaka, dan Sumba Tengah.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif