PT Akari Indonesia mengumumkan kehadiran TV cerdas dengan dukungan fitur SmartConnect.
PT Akari Indonesia mengumumkan kehadiran TV cerdas dengan dukungan fitur SmartConnect.

TV Cerdas Akari Unggulkan Kemudahan Kontrol via Ponsel

Teknologi teknologi internet of things
Lufthi Anggraeni • 01 November 2019 16:21
Jakarta: PT Akari Indonesia mengumumkan produk terbaru di ranah TV cerdas dengan bekal fitur bertajuk SmartConnect. Fitur unggulan TV cerdas ini menyuguhkan kemudahan dalam menghubungkan smartphone dengan TV.
 
“Fitur SmartConnect ini memungkinkan pengguna menghubungkan smartphone dengan TV, sehingga tidak membutuhkan konektivitas WiFi yang belum tentu ada di setiap rumah,” ujar CEO PT Akari Indonesia Kenny Kwe.
 
Kehadiran TV cerdas Akari ini diungkap Kenny didorong oleh jumlah pengguna smartphone di Indonesia yang dominan. Mengutip data dari SDPPI, sebanyak 67 persen penduduk di Indonesia telah menggunakan smartphone, dan 50 persennya sudah menggunakan internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudahan menghubungkan smartphone ke TV cerdas ini juga diklaim Kenny menghilang kebutuhan untuk mengunduh aplikasi ke TV. Hal ini memungkinkan TV bekerja secara lebih mulus, mengingat umumnya TV cerdas tidak dibekali dengan ruang penyimpanan berkapasitas besar.
 
Selain itu, Akari juga menjelaskan bahwa kehadiran fitur SmartConnect ini juga ditujukan perusahaannya untuk meminimalisir kendala yang umum dihadapi oleh pengguna TV cerdas di pasar saat ini.
 
Kendala tersebut termasuk kebutuhan akan hotspot tanpa batas, kesulitan mengetik di remote kendali, keharusan membuat akun di TV, mengunduh aplikasi baru, tidak dapat digunakan secara instan, dan menyuguhkan pengalaman tidak familiar bagi pengguna.
 
Akari mengaku telah menguji fitur SmartConnect ini dengan berbagai merek smartphone yang dipasarkan di Indonesia, sehingga optimistis bahwa fiturnya kompatibel dengan berbagai merek perangkat. Bahkan pada sejumlah merek seperti Samsung, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi baru di ponsel untuk menampilkan konten ke TV.
 
Pengguna dapat memanfaatkan fitur screen mirroring, seperti Smart View pada ponsel cerdas bermerek Samsung, atau Cast pada sejumlah ponsel merek lainnya. Namun, pengguna tetap dapat menggunakan TV cerdas Akari ini untuk menikmati konten yang disiarkan oleh stasiun TV lokal ataupun via TV kabel.
 
Selain itu, TV cerdas ini juga dibekali dengan port HDMI memungkinkan pengguna menghubungkan TV dengan pemutar DVD via koneksi EEC dan menjadikan remote TV sebagai remote untuk alat pemutar DVD.
 
TV cerdas Akari Smart Connect ini dipasarkan terlebih dahulu via program pre-sale di situs Blibli.com mulai tanggal 1 November hingga 15 November mendatang, dengan penawaran harga khusus.
 
Untuk varian berukuran 32 inci, TV cerdas Akari ini ditawarkan seharga Rp1.699.000, dari harga normal Rp1.899.000. Sedangkan varian berukuran layar 40 inci dipasarkan seharga Rp2.499.000 dari harga normal Rp2.699.000, dan varian berukuran layar 42 inci seharga Rp3.499.000 dari harga normal Rp3.799.000.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif