Foto: Peacearchnews
Foto: Peacearchnews

Riset: Grab Pimpin Pasar Indonesia dan Vietnam

Teknologi indonesia grab vietnam
Mohammad Mamduh • 18 September 2019 20:37
Jakarta: Kawasan Asia-Pasifik telah menjadi pasar terbesar transportasi online dunia.
 
Kawasan ini mencakup 70 persen dari semua perjalanan. Pemain ride-hailing di kawasan ini juga tidak berhenti pada transportasi, berkembang menjadi marketplace yang menyediakan berbagai kebutuhan lewat yang disebut “super-apps”.
 
Riset yang dilaksanakan oleh ABI Research yang berpusat di London, Inggris, menemukan Grab mempertahankan pangsa pasar transportasi online sebesar 11,4 persen, di Asia-Pasifik dengan dominasi di pasar Indonesia dan Vietnam. Ini merupakan riset kedua yang dikeluarkan oleh ABI Research setelah tahun 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Indonesia, Grab memimpin pasar dengan 64 persen dan Vietnam 74 persen. Menurut ABI, kepemimpinan pasar ini berasal dari usaha Grab menjadi aplikasi super, yang dapat menangkap volume permintaan masyarakat yang begitu besar selain transportasi.
 
Caranyadengan menyediakan layanan pengiriman barang dan makanan, serta layanan keuangan melalui layanan GrabExpress, GrabFood, GrabFresh, dan GrabFinancial.
 
Sedangkan menurut data ABI Research, Go-Jek, pesaing terdekat Grab, memiliki 35,3 persen dari pasar Indonesia, sementara Go-Viet memiliki 10,3 persen di pasar Vietnam.
 
“Pertumbuhan transportasi online mengalami perlambatan. Setelah mencapai 22 miliar perjalanan pada 2018, tahun ini diperkirakan akan ditutup dengan angka perjalanan sedikit di bawah 22 miliar,” kataJames Hodgson, Smart Mobility Principal Analyst at ABI Research.
 
Karena itu, pengembangan layanan di luar transportasi dinilai sebagai keniscayaan. Hodgson mencontohkan, di Amerika Serikat, ketika sektor transportasi Uber hanya tumbuh 9 persen pada Q1 2019, UberEats tumbuh impresif mencapai 89 persen pada periode yang sama.
 
Menurut Hodgson, operasi ride-hailing makin tertekan dengan langkah-langkah meningkatkan insentif pengemudi dan mensubsidi tarif untuk mencari pelanggan baru dan memperluas pangsa pasar. Karena itu, pengembangan untuk menjadi “supermarket” layanan smart mobilitymerupakan contoh suatu upaya inovasi yang berhasil.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif