Namun, laporan IDC ini menampilkan pertumbuhan datar sebesar 0,3 persen untuk Q4 tahun 2022. Setelah mengalami tahun yang kuat pada tahun 2021, dengan pertumbuhan sebesar 108,5 persen.
Kendati demikian, pasar Chromebook dipastikan akan kembali normal dan mencatat penurunan pengiriman sebesar 48 persen untuk tahun 2022 penuh, dan penurunan unit sebesar 24,3 persen pada Q4 2022.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Mengutip GSM Arena, laporan ini menyebut bahwa pendorong utama pasar ini pada tahun 2022 adalah Apple dan Samsung. Apple masih memimpin pasar dengan pangsa pasar 49,9 persen pada Q4 dan 38 persen selama tahun 2022, diikuti Samsung dengan pangsa pasar hampir 16,8 persen dan 18,6 persen.
Pada tahun 2022, Apple merupakan satu-satunya OEM yang mencatatkan pertumbuhan baik sebesar tujuh persen selama 2022, sedangkan untuk kuartal keempat, Apple mencatatkan pertumbuhan per tahun 28,8 persen.
Sementara itu, Samsung mencatatkan peningkatan penjualan baik sebesar 7,1 persen pada periode yang sama. Amazon, Huawei dan Lenovo mencatatkan pertumbuhan negatif untuk kedua periode, dan analis pasar meyakini di masa depan, vendor harus menarik konsumen mainstream untuk keuntungan jangka panjang.
Hal ini disebut sebagai alasan sejumlah pemain baru, seperti Oppo dan Xiaomi, memperkenalkan tablet kelas menengah pada tahun 2022. Hal ini terutama berlaku di masa ekonomi yang sulit saat pengguna berpikir dua kali sebelum memilih tablet dengan spesifikasi lebih tinggi dan merasa sulit untuk membenarkan pembelian premium.
Soal pasar Chromebook, tahun 2021 yang luar biasa membuat tahun 2022 terlihat buruk, namun pada kenyataannya, meskipun permintaan telah meningkat secara signifikan, penumpukan inventaris mulai berkurang. Hal ini terutama berlaku dengan musim kembali ke sekolah yang akan datang.
Sayangnya, analis memprediksi bahwa peningkatan yang dibuat Chromebook di luar sektor edukasi akan mereda sepanjang tahun 2023, sebab permintaan perangkat tersebut tidak terlalu populer di luar pendidikan. Namun, PC akan terus memimpin pada segmen lainnya.