TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop menyebut di awal Ramadan 2025, live streaming melalui fitur Live di TikTok ditonton lebih dari dua miliar kali. Perusahaan ini juga mengungkap baju muslin wanita, parfum, skincare, make up serta hampers menjadi sejumlah produk paling laris di TikTok Shop by Tokopedia via live streaming.
“Jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop bisa meningkatkan transaksi lewat ekosistem yang sinergis bersama TikTok melalui konten video promosi yang dibuat oleh penjual maupun jutaan kreator di TikTok,” ujar Communication Director TikTok Indonesia Anggini Setiawan.
Selain itu, TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop turut mengungkap terdapat sebanyak 72 juta video berdurasi singkat yang diunggah oleh penjual dan kreator di pekan pertama Ramadan 2025 di platform TikTok.
Hal ini mengindikasikan peningkatan drastis jika dibandingkan dengan Ramadan 2024 lalu. TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop mengklaim hal ini dimungkinkan berkat kekuatan penemuan TikTok berupa sistem rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik, dan dukungan komunitas kuat.
Sementara itu, untuk membantu penjual dengan jumlah kian bertambah dalam meningkatkan penjualan di Ramadan, Tokopedia dan TikTok Shop kembali mengadakan Ramadan Ekstra Seru hingga 25 Maret 2025, dengan dukungan kekuatan penemuan TikTok.
Sebagai salah satu kampanye terbesar TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop untuk membantu konsumen memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran, Ramadan Ekstra Seru menyuguhkan sejumlah penawaran menarik seperti gratis ongkos kirim, flash sale, dan diskon.
TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop turut mengungkap bahwa sahur menjadi waktu paling digemari masyarakat untuk berbelanja di program Ramadan Ekstra Seru ini. Nilai transaksi TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop juga dilaporkan mengalami peningkatan rata-rata 10,5 kali lipat selama sahur, berkat program ini.
Tidak hanya itu, Tokopedia juga bekerja sama dengan lembaga penyalur zakat kredibel untuk mempermudah masyarakat membayar zakat secara aman dan amanah. Selain itu, TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop juga mengungkap lima tren terpopuler selama Ramadan 2025 ini.
Kelima tren terpopuler Ramadan 2025 ini disebut TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop yang telah menghasilkan lebih dari 200 ribu unggahan di TikTok pada pekan pertama bulan puasa, diwakili oleh tagar Bukber, RamadanCore, TakjilRamadan, MenuBukaPuasa, dan BerkahRamadhan.
Tren ini disebut TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop menunjukkan tingginya partisipasi komunitas TikTok di Indonesia selama bulan suci. Sementara itu, makanan dan minuman, serta fesyen, menjadi kategori produk paling laris pada awal Ramadan 2025 di kedua platform belanja tersebut.
Kategori lain yang melengkapi daftar lima kategori paling laris tersebut adalah perlengkapan rumah tangga, kecantikan dan perawatan diri, dan elektronik. Sebagai informasi, data ini dihimpun TikTok dan Tokopedia-TikTok Shop selama periode dari tanggal 1 Maret hingga 7 Maret 2025.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News