vivo secara resmi memasuki ranah mixed reality (MR) dengan merilis video teaser untuk vivo Vision.
vivo secara resmi memasuki ranah mixed reality (MR) dengan merilis video teaser untuk vivo Vision.

Siap Tantang Apple, vivo Rilis Teaser Headset Mixed Reality Vision

Lufthi Anggraeni • 15 Agustus 2025 07:33
Jakarta: vivo secara resmi memasuki ranah mixed reality (MR) dengan merilis video teaser untuk perangkat terbarunya, vivo Vision. Pengumuman ini mengindikasikan kesiapan vivo dalam bersaing di pasar perangkat wearable.
 
Mengutip GSM Arena, vivo Vision dijadwalkan akan secara resmi diumumkan pada tanggal 21 Agustus mendatang. Video teaser berdurasi pendek yang dirilis di Tiongkok tersebut menampilkan sekilas antarmuka pengguna (UI) perangkat, mengusung kesan modern.
 
Salah satu fitur yang paling menonjol dalam video itu adalah kemampuan pelacakan tangan atau hand tracking yang responsif dan intuitif, memungkinkan pengguna berinteraksi dengan lingkungan virtual hanya dengan gerakan tangan mereka.

Selain itu, video tersebut juga mengindikasikan adanya fungsi AI canggih berkemampuan memberikan pengalaman sangat imersif. Nama vivo Vision dipilih secara strategis, sebagai referensi langsung dan tantangan terhadap Apple Vision Pro.
 
Langkah vivo untuk merilis produk ini menunjukkan pergeseran fokus perusahaan dari sekadar produsen ponsel pintar menjadi pemain lebih luas di ekosistem teknologi. Dengan masuknya vivo ke pasar MR, persaingan di segmen ini dipastikan akan semakin ketat, memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen.
 
Kendati terlihat menjanjikan, terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi vivo. Berdasarkan pengalaman dari peluncuran Apple Vision Pro, dua hal utama yang menjadi perhatian pengguna adalah daya tahan baterai dan kenyamanan saat digunakan.
 
Sebagai informasi, banyak pengguna yang mengeluhkan Vision Pro terlalu berat untuk penggunaan jangka panjang dan memiliki daya tahan baterai terbatas. Jika dapat menawarkan pengalaman lebih baik dalam kedua aspek ini, vivo akan memiliki keunggulan kompetitif signifikan.
 
Kemampuan untuk merancang perangkat lebih ringan, nyaman, dan efisien akan menjadi kunci sukses vivo di pasar ini. Sementara itu, untuk pasar di luar Tiongkok, vivo Vision dikabarkan akan dipasarkan dalam jumlah terbatas.
 
vivo dilaporkan berencana untuk menyediakan headset ini sebagai perangkat penyuguh pengalaman di dalam tokonya di seluruh Tiongkok, setidaknya untuk tahap awal. Hal ini berarti peluang pengguna di luar Tiongkok untuk memiliki perangkat ini dalam waktu dekat sangat kecil.
 
Strategi ini diperkirakan sejumlah pihak dilakukan vivo untuk menguji pasar dan mengumpulkan umpan balik dari pengguna secara langsung sebelum meluncurkannya ke pasar global.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan