Bersamaan dengan perayaan tersebut, Tokopedia juga meluncurkan kembali program berlangganan PLUS melalui kampanye 'Banyak PLUSnya' sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna setia sekaligus komitmen dalam mendukung merek lokal, khususnya UMKM.
Stephanie Susilo, Senior Director Tokopedia dan TikTok E-Commerce Indonesia, menjelaskan bahwa program PLUS menawarkan berbagai keuntungan menarik bagi penggunanya. "Pengguna Tokopedia yang berlangganan PLUS akan mendapatkan diskon 5% tanpa batas dan minimum pembelian, gratis ongkir untuk semua jenis pengiriman termasuk instan dan sameday, diskon tambahan Rp5.000, serta promo khusus di halaman Beli Lokal. Ini membuat belanja lebih hemat sekaligus membantu brand lokal meningkatkan penjualan," ujar Stephanie.
Perilaku belanja online masyarakat Indonesia di Tokopedia dan TikTok Shop menunjukkan tren positif sepanjang tahun terakhir. Data menunjukkan, pada semester I 2025, kategori Fashion serta Makanan dan Minuman menjadi primadona dengan kenaikan pesanan tertinggi di halaman Beli Lokal, dengan hijab dan camilan sebagai produk terlaris.
Secara keseluruhan, selama periode Juli 2024-Juni 2025 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, beberapa kategori produk mengalami lonjakan pesanan yang signifikan. Kategori Fashion naik 110,5%, Groceries (termasuk Makanan dan Minuman, serta Kecantikan dan Perawatan Diri) naik 134,75%, dan Automotive & Electronic naik 158,25%.
Lebih rinci, pada semester I 2025, produk terfavorit di kategori Fashion adalah kaos, jam tangan, dan daster. Di kategori Groceries, camilan, kopi, dan minyak goreng mendominasi subkategori Makanan dan Minuman, sementara skincare, makeup, dan sampo menjadi pilihan utama di subkategori Kecantikan dan Perawatan Diri. Untuk kategori Automotive & Electronic, oli, handphone, dan mesin cuci menjadi produk yang paling banyak dicari konsumen.
Peluncuran program berlangganan PLUS diharapkan dapat mendorong peningkatan pesanan di lebih banyak kategori produk, terutama dari brand lokal milik UMKM. Langkah ini juga menjadi strategi penting bagi Tokopedia dalam memperkuat ekosistem e-commerce di Indonesia agar lebih inklusif, kompetitif, dan relevan dengan kebutuhan pasar saat ini.
Stephanie menambahkan, dengan struktur manfaat yang dirancang untuk mempermudah keseharian, program ini diharapkan menjadi bagian dari kebiasaan baru pengguna—khususnya dalam mendukung produk lokal—sambil berbelanja lebih hemat dan banyak PLUSnya.
"Di usia ke-16, kami tidak hanya merayakan pencapaian, tetapi juga mempertegas arah ke depan. Kami ingin terus tumbuh bersama pengguna dan penjual lokal dengan menghadirkan inovasi yang berdampak langsung," tutup Stephanie.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id