Dalam sambutannya, Henry Christiadi menyoroti peran krusial digitalisasi sebagai kunci akselerasi bagi UMKM untuk meningkatkan skala bisnis dan memberikan kontribusi yang lebih signifikan terhadap perekonomian nasional.
"Melalui inisiatif seperti UMK Digital Fest ini, Telkom ingin memastikan bahwa transformasi digital menjadi peluang yang inklusif, tidak hanya menjadi milik pelaku usaha besar, tetapi juga dirasakan oleh UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia," ujar Henry.
UMK Digital Fest 2025 merupakan bagian dari rangkaian program pembinaan UMKM tahunan Telkom yang telah berjalan konsisten sejak tahun 2002. Hingga saat ini, Telkom telah membina sebanyak 88.251 UMKM melalui berbagai program, termasuk Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), Rumah Kreatif BUMN, dan Rumah BUMN.
Seluruh program pembinaan ini dirancang berdasarkan kerangka kerja 4GO: Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global, dengan tujuan mendorong transformasi menyeluruh dari sisi operasional hingga ekspansi pasar global.
Acara ini juga selaras dengan visi Danantara Indonesia sebagai pengelola investasi strategis nasional. Sebagai inisiatif Sovereign Wealth Fund, Danantara mendorong UMKM untuk naik kelas dari mikro ke makro, sehingga dapat terhubung dengan ekosistem investasi dan pembangunan nasional yang lebih luas.
Melalui digitalisasi, peningkatan kompetensi, dan perluasan pasar, Telkom memperkuat peran UMKM sebagai fondasi ekonomi komunitas, sekaligus mendukung transformasi sektor riil menuju Indonesia yang lebih inklusif, makmur, dan berdaya saing global.
UMK Digital Fest 2025 diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 29 hingga 31 Juli 2025, dan menghadirkan beragam agenda menarik. Di antaranya adalah bazaar UMKM yang diramaikan oleh 35 pelaku UMKM dari sektor makanan dan minuman lokal, sesi talkshow inspiratif, demo solusi digital inovatif, workshop fotografi, serta pelatihan kecerdasan buatan (AI).
Pada kesempatan ini, Telkom juga secara resmi meluncurkan portal www.UMKdigital.id. Portal ini diharapkan menjadi pusat informasi, edukasi, dan etalase digital bagi produk-produk UMKM binaan Telkom, sekaligus sarana kolaboratif untuk mendorong pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan.
Selain itu, beberapa program unggulan Telkom turut diperkenalkan kembali, seperti Packfest yang memberikan bantuan 1,2 juta kemasan modern untuk 1.500 UMK, HalalFest yang telah memfasilitasi 2.676 sertifikasi halal bagi pelaku UMKM, serta inisiatif digitalisasi operasional melalui 8.293 aplikasi kasir dan onboarding 10.478 UMKM ke platform digital seperti PADI UMKM.
"Telkom memiliki mimpi besar agar UMKM Indonesia tak hanya naik kelas, tapi juga mampu bersaing di pasar global. Karena kami percaya, Maju UMKM-ku, Maju Indonesia-ku. UMKM Bisa!" tutup Henry penuh optimisme.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id