Transformasi Digital Sumbang Rp299 Triliun ke PDB Indonesia
President Director Microsoft Indonesia Haris Izmee.
Jakarta: Pembicaraan mengenai transformasi digital pada perusahaan atau bisnis di Indonesia beberapa tahun belakangan sudah snagat gencar. Microsoft menjadi salah satu pelaku yang menyediakan sekaligus memberikan panduan dalam melaksanakannya.

Bertempat di Jakarta, kemarin 13 Februari 2018, Microsoft menggandeng IDC untuk membeberkan fakta betapa nyata dampak transformasi digital di Indonesia. Dalam riset yang telah dilakukan, diprediksi transformasi digital menyumbang USD22 miliar (Rp299 triliun) kepada produk domestik bruto (PDB) Indonesia di 2021.

Nilai tersebut mewakili persentas sebesar 40 persen pada tahun 2021, mengutip riset mereka yang berjudul "Membuka Dampak Ekonomi Transformasi Digital di Asia Pasifik". Di 2017 sendiri transformasi digital sudah berkontribusi terhadap 4 persen PDB Indonesia.


"Indonesia terlihat jelas sudah berada dalam fast track transformasi digital. Dalam empat tahun ke depan, kami berharap dapat melihat sekitar 40 persen PDB Indonesia berasal dari produk dan layanan digital," ungkap President Director Microsoft Indonesia Haris Izmee.

Dari 100 responden di Indonesia yang sudah melakukan transformasi digital, Microsoft memperoleh lima manfaat yang diperoleh sebagai bukti nyata dampak transformasi digital.



Mulai dari peningkatan produktivitas, peningkatan margin laba perusahaan, kecepatan untuk mengakuisisi konsumen lewat layanan dan produk digital, peningkatan pendapatan dari sisi layanan dan produk yang ada, dan peningkat pendapatan dari produk dan layanan baru.

Microsoft dan IDC melihat bahwa ada tiga teknologi utama yan sudah diadopsi dalam transformasi digital yang sudah berjalan, di antaranya yaitu analisis menggunakan big data, komputas awan (cloud), dan teknologi yang mendukung mobilitas.

Tiga teknologi utama yang baru muncul dan akan diadopsi dalam transformasi digital tahun ini secara masif, di antaranya kecerdasan buatan, kognitif, dan robotika. Lalu internet of things dan teknologi mixed reality beserta AR/VR.

"Namun, bukan berarti tahun ini transformasi digital tidak mengalami kendala. Pertama ketersediaan sumber daya dan kemampuan transformasi digital masih menjadi tantangan paling utama."

"Kemudian minimnya pemahaman tentang cara pelaksanaan transofrmasi digital serta teknologi yang harus digunakan juga masih akan menjadi tantangan yang kerap ditemui saat memulai transformasi digital," beber Izmee.



(MMI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.