Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse.
Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse.

Ultah ke-10, Xiaomi Tekankan Inovasi sebagai Merek Termuda di Industri

Teknologi teknologi gadget xiaomi
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Agustus 2020 08:20
Jakarta: Di tanggal 13 Agustus kemarin, Xiaomi tidak hanya mengumumkan jajaran produk terbarunya terutama Redmi 9A sebagai unggulannya. Hari itu bertepatan dengan perayaan hari jadi Xiaomi ke-10 meskipun merek yang masih muda ini masuk ke Indonesia baru sekitar tujuh atau enam tahun yang lalu.
 
Di presentasinya, Country Director Xiaomi Indonesia yaitu Alvin Tse menyebutkan slogan di perayaan hari jadi ke-10 perusahaannya yaitu "10 Years of Innovation for Everyone", alias inovasi untuk semua orang. Menurutnya, hal ini masih sejalan dengan misi Xiaomi selama ini sejak didirikan oleh Lei Jun.
 
"Sejak Xiaomi berdiri, misi dan semangat kami tidak pernah berubah. Kami ingin semua orang di dunia dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik melalui inovasi teknolog.Oleh karena itu, selama 10 tahun ke belakang, kami selalu menawarkan produk menakjubkan dengan harga sebenarnya," ujar Alvin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak yang tidak tahu bahwa Xiaomi saat pertama kali berdiri tidak menciptakan smartphone melainkan ROM atau antarmuka bernama MIUI. Baru di 16 Agustus 2011 mereka berhasil menciptakan dan memasarkan smartphone pertama yaitu Xiaomi Mi 1.
 
Masih berpegang pada misi Xiaomi, saat itu perangkat Mi 1 diklaim laris karena berhasil menciptakan smartphone dengan spesifikasi mumpuni di harga setengah dari yang dipasarkan merek lain. Menurut data IDC, hanya kurang dari tiga tahun Xiaomi sudah berhasi menjadi merek nomor satu di Tiongkok di kuartal empat tahun 2014.
 
Di tahun 2015 majalan Time menobatkan Lei Jun dan Xiaomi sebagai raja smartphone Tiongkok yang diprediksi menjadi brand global. Benar saja di tahun 2017 Xiaomi sudah memasarkan produk di 74 negara dan mengisi posisi top lima brand smartphone di 15 negara.
 
Xiaomi menduduki peringkat pertama di India dan Myanmar kemudian nomor ketiga di Ukraina. Merek ini ada di nomor empat untuk Tiongkok, Yunani, Israel, Qatar, Rusia, dan Polandia. Terakhir, Xiaomi berada di posisi kelima untuk negara Indonesia, Singapura, Bulgaria, Ceko, dan Kazakhstan.
 
Di 2018 akhirnya Xiaomi membuka sahamnya untuk publik di bursa saham alis IPO. Kemudian di tahun selanjutnya Xiaomi dinobatkan sebagai merek termuda yang berhasil masuk dalaam jajaran Fortune 500 atas nilai perusahaan yang berhasil dimiliki.
 
Akhirnya impian menjadi global brand terwujud saat firma riset pasar Canalys menobatkan Xiaomi di posisi keempat brand smartphone terbesar di dunia pada kuartal kedua tahun 2020. Bagaimana Xiaomi di Indonesia?
 
Masuk ke Indonesia di tahun 2014, misi dan komitmen Xiaomi diprediksi mendisrupsi pasar smartphone Tanah Air. Tidak tunggu lama Xiaomi memiliki basis penggemar di Tanah Air yang kini sudah mencapai di tahun 2019 sudah ada 1,8 juta Mi Community Member dan 35 Mi Fans Club.
 
Komitmen jangka panjang Xiaomi ditunjukan dengan keputusan memiliki fasilitas manufaktur di Batam pada tahun 2017 yang menampung lebih dari 1000 tenaga kerja lokal. Di sini Xiaomi memproduksi smartphone dan produk gaya hidupnya untuk pasar Indonesia, membuat harganya semakin terjangkau dan segera hadir di Tanah Air saat diumumkan di global.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif