Fitur Nightography di Samsung Galaxy S22 Ultra 5G
Fitur Nightography di Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Tren Low Light Cinematography dan Nightography Galaxy S22 Ultra 5G

Teknologi gadget samsung
Lufthi Anggraeni • 22 April 2022 09:28
Jakarta: Hubungan tren dan kemajuan teknologi bagaikan mencari jawaban atas siapa yang lahir terlebih dulu, ayam atau telur. Kedua hal ini saling melengkapi satu sama lain, sehingga kerap sulit untuk dipisahkan.
 
Salah satunya adalah tren sinematografi dalam kondisi pencahayaan redup atau low light. Tren ini mungkin telah ada sejak beberapa tahun lalu, namun kini kian populer seiring dengan kemajuan teknologi yang menghadirkan berbagai inovasi pendukung tren ini.
 
Selain low light, film dengan tampilan lebih gelap turut kian menjadi tren saat ini. Hal ini juga berkat dorongan kemajuan teknologi dalam hal sensitivitas medium perekaman. Tampilan gambar dengan kondisi pencahayaan lebih redup dinilai mampu meningkatkan dramatisasi dari sebuah video.
 
Jika sebelumnya, video dengan tampilan lebih gelap atau dark tone dan pencahayaan redup atau low light lebih dapat ditemukan pada film hasil rekaman profesional, kehadiran media sosial yang menjadi wadah kreativitas masyarakat memperluas tren ini kepada masyarakat umum.
 
Tidak hanya dramatis, tipe konten ini menyuguhkan tantangan tersendiri bagi kreator sehingga dapat memberikan hasil terbaik yang mereka bisa lakukan. Namun tidak hanya soal skill, untuk menghasilkan konten terbaik ini juga dibutuhkan perangkat pendukung terbaik.
 
Jika dulu kamera profesional yang kerap hadir dalam dimensi besar menjadi perangkat yang dinilai sebagai perangkat utama berkemampuan menghasilkan konten berpenampilan dark tone atau low light terbaik, kini kemampuan tersebut juga tersedia di perangkat mobile.
 
Alasannya, berbagai produsen turut mengeksplorasi ranah ini guna menyuguhkan kemampuan menghasilkan foto dan video terbaik meski direkam pada kondisi pencahayaan redup, tidak terkecuali Samsung.
 
Samsung turut menghadirkan kemampuan menghasilkan video berkualitas baik meski direkam pada kondisi pencahayaan redup di jajaran smartphone unggulan karyanya, termasuk Samsung Galaxy S22 Ultra 5G.
 
Samsung membekali salah satu smartphone terbaik karyanya ini dengan fitur Nightography, yang tidak hanya dapat diterapkan pada foto, tapi juga pada video. Fitur ini tidak hanya dapat dinikmati lewat kamera belakang, tapi juga melalui kamera depan.
 
Perekaman dalam kondisi low light juga kerap identik dengan keharusan menjaga alat rekam tetap stabil guna menghindari gambar dengan tampilan berguncang yang mengganggu kenyamanan mata penonton.
 
Karenanya, Samsung juga melakukan upgrade pada Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS) pada Galaxy S22 Ultra 5G, sehingga fitur Cinematic Camera Movement menjadi lebih maksimal, dan hasil rekaman video lebih smooth dan minim getaran.
 
Selain itu, Samsung turut membekali Galaxy S22 Ultra 5G dengan fitur Auto Framerate berkemampuan menyesuaikan FPS dan shutter speed terhadap kondisi cahaya. Dengan demikian, Anda akan mendapat tingkat kecerahan dan detail lebih baik di video low light.
 
Dukungan teknologi Super Night Resolution pada Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga mampu mendukung suguhan video low light dengan tampilan lebih jernih. Selain itu, dukungan fitur Super HDR dan algoritma AI pada smartphone ini juga mampu mendukung hasil video dengan lebih maksimal.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif