Microsoft perkenalkan dua layanan untuk partai politik dan pemilu. (AFP / VESA MOILANEN (STR))
Microsoft perkenalkan dua layanan untuk partai politik dan pemilu. (AFP / VESA MOILANEN (STR))

Microsoft Build 2019

Microsoft Kenalkan ElectionGuard untuk Keamanan Siber Pemilu

Teknologi microsoft cyber security Microsoft Build
Ellavie Ichlasa Amalia • 07 Mei 2019 08:20
Seattle:Indonesia baru mengadakan pemilu serentak pada 17 April lalu. Tidak lama kemudian, muncul berbagai hoaks tentang pemilu. Salah satunya adalah kabar tentang perang siber antara pendukung pasangan calon presiden.
 
Selain itu juga muncul kabar bahwa server KPU telah diretas, membuat hasil perhitungan menjadi kacau. Meskipun kabar peretasan server KPU tak lebih dari berita palsu, rasa takut bahwa sistem pemilu dapat diretas adalah hal yang nyata.
 
Ketakutan ini juga dirasakan oleh pemerintah negara lain, termasuk negara berkembang. Karena itulah, pada konferensi Build, Microsoft memperkenalkan ElectionGuard Software Development Kit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti namanya, ElectionGuard diharapkan akan dapat memastikan sistem pemilu aman dari serangan siber. SDK itu akan tersedia pada bulan Juni di GitHub.
 
Tujuan Microsoft merilis SDK ini bukanlah untuk menggantikan sistem yang telah ada. Sebagai gantinya, Microsoft ingin developer bisa mengintegrasikan ElectionGuard ke sistem yang telah ada.
 
Bersamaan dengan ElectionGuard, Microsoft mengumumkan Microsoft 365 for Campaign. Layanan ini juga akan mulai tersedia pada bulan depan. Ia akan menawarkan keamanan untuk partai politik serta kampanye politik.
 
Microsoft menyebutkan, keamanan yang ditawarkan oleh layanan barunya ini sama seperti Microsoft 365 Business. Untuk awal peluncuran, Microsoft 365 for Campaign hanya akan tersedia di Amerika Serikat.
 
Microsoft 365 for Campaign didasarkan pada AccountGuard yang Microsoft luncurkan pada tahun lalu. AccountGuard merupakan layanan untuk memberikan notifikasi ketika ia mendeteksi ancaman yang membahayakan keamanan nasional.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif