Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cara Aktifkan Parental Control di Netflix

Teknologi tips dan trik teknologi netflix
Cahyandaru Kuncorojati • 07 Maret 2019 12:42
Jakarta: Layanan streaming video kini menjadi pilihan orangtua sebagai hiburan anak. Kini layanan streaming berlangganan seperti Netflix lebih disukai. Alasannya lebih banyak pilihan tayangan populer yang khusus untuk anak.
 
Namun, anak-anak saat ini sudah mengerti menggunakan gadget. Jadi orangtua tetap harus mengawasi tayangan yang ditonton anak ketika tidak bisa mendampinginya. Netflix menyadari hal ini, dan memberikan beberapa langkah untuk membantu para orangtua.
 

1. Mengubah Kategori Profil Pengguna

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Metode pertama, mengatur profil penonton atau pengguna Netflix ke kategori Anak di halaman Edit Profil Netflix. Netflix menyediakan dua pilihan profil yaitu Dewasa dan Anak. Kedua kategori ini memiliki pembagian pengaturan yang lebih detil lagi.
 
Di kategori dewasa ada dua jenis sub-kategori, yaitu "semua tingkat usia/dewasa" dan "untuk remaja dan yang lebih muda". Kategori kedua barusan ditujukan untuk menyediakan tayangan bagi usia 13 tahun ke bawah.
 
Cara Aktifkan Parental Control di Netflix
 
Kemudian di kategori profil Anak juga dibagian menjadi dua sub-kategori yaitu "untuk pra-remaja dan yang lebih muda" atau usia 7 tahun ke atas dan "khusus anak kecil".
 
Bagi para orangtua yang ingin anak-anaknya tidak menyaksikan tontonan yang bermuatan percintaan remaja atau perkelahian di sekolah misalnya, mereka dapat dengan mudah mengatur profil penonton menjadi tingkat “khusus anak kecil”.
 
2. Menggunakan PIN
Metode kedua adalah cara yang biasa dijumpai, yakni menggunakan PIN untuk mengunci akses. Mirip dengan pengaturan profil, PIN bisa digunakan untuk membatasi akses ke beragam kategori konten yang sudah disebukan tadi.
 
Langkah untuk menggunakan PIN juga tergolong mudah. Pertama pengguna masuk ke profil Dewasa, geser kursor ke foto akun, lalu pilih menu Akun yang berada pada pojok kanan atas layar. Pengaturan ini hanya bisa diakses ketika Anda berada di profil Dewasa.
 
Kemudian pada halaman selanjutnya, geser halaman Pengaturan ke bawah hingga menemukan opsi "Kontrol orangtua". Untuk membuat PIN terlebih dahulu Anda akan diminta memasukkan sandi atau password akun Netflix.
 
Cara Aktifkan Parental Control di Netflix
 
Setelah itu masukan empat angka yang akan menjadi PIN. Sebelum simpan tentukan kategori konten yang aksesnya mau dikunci dengan PIN. Caranya dengan menggeser garis rating yang ada di bawahnya kemudian simpan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif