Smartfren akan mulai melakukan uji coba terhadap jaringan 5G di Indonesia mulai bulan Juni mendatang.
Smartfren akan mulai melakukan uji coba terhadap jaringan 5G di Indonesia mulai bulan Juni mendatang.

Smartfren Uji Coba 5G Bulan Juni

Teknologi smartfren andromax
Lufthi Anggraeni • 25 April 2019 10:27
Jakarta: Smartfren menyebut tengah bersiap untuk melakukan uji coba terhadap jaringan 5G di Indonesia. Proses uji coba teknologi jaringan terbaru dan digadang sebagai yang tercepat ini akan mulai dilakukan Smartfren pada bulan Juni mendatang.
 
“Smartfren akan mulai proses trial 5G di bulan Juni mendatang, tapi kita belum bisa sebutkan waktu pastinya, apakah awal, pertengahan atau akhir bulan,” ujar VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo.
 
Selain belum menentukan kota yang akan disambanginya untuk proses uji coba, Smartfren juga mengaku belum menentukan dan memiliki nama kota yang akan menjadi kota sebaran jaringan generasi terbaru tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini, Smartfren mengaku jaringan yang disuguhkan perusahaannya saat ini telah siap untuk di-upgrade menjadi jaringan 5G. Optimisme Smartfren ini karena jaringan 4G LTE Advanced yang ditawarkannya telah dibekali sejumlah faktor yang dibutuhkan oleh jaringan 5G.
 
Sejumlah faktor tersebut termasuk Carrier Aggregation (CA), Small Cell, teknologi MiMo dan QAM, teknologi Beam Forming, dan Full Duplex. Lebih menyebut jaringannya sebagai jaringan siap upgrade ke 5G, sebab jaringan Smartfren ini belum didukung oleh teknologi Milimeter Wave.
 
Munir mengaku Smartfren tengah menunggu keputusan pemerintah, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika, terkait dengan regulasi alokasi spektrum pendek bernama Milimeter Wave tersebut.
 
Regulasi ini turut menjadi faktor penentu langkah selanjutnya yang akan diambil Smartfren untuk memperoleh spektrum 5G, salah satunya melalui metode tawar-menawar atau bidding. Selain itu, Smartfren juga menyebut bahwa komersialisasi jaringan 5G tercepat di dunia diprediksi baru akan terjadi pada tahun 2020 mendatang.
 
Dalam proses pengujian ini, Smartfren menyebut akan menambahkan sejumlah fungsi lain sehingga dapat meningkatkan kecepatan jaringan dalam mengirimkan dan menerima data, secara lebih efisien.
 
Pemanfaatan jaringan 5G ini dinilai akan berguna bagi perkembangan teknologi, dan berbeda dari pemanfaatan pada jaringan 4G karena akan dapat digunakan secara lebih luas. Munir menjelaskan pemanfaatan jaringan 4G lebih cenderung dari perangkat pengguna ke mesin.
 
Sedangkan pemanfaatan 5G disebut akan lebih lengkap, sehingga tidak hanya dari perangkat pengguna secara langsung kepada mesin, melainkan juga antar mesin tersebut. Hal ini akan bermanfaat untuk pengembangan teknologi terkait, termasuk kendaraan otonom.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif