Riset Sebut Shopee dan Tokopedia Paling Bersaing
Riset menyebut Shopee dan Tokopedia menjadi e-commerce dengan penawaran harga paling terjangkau.
Jakarta: MarkPlus mengumumkan hasil riset terbarunya terkait perilaku konsumen dan posisi merek e-commerce. Riset tersebut menasbihkan Shopee, Lazada dan Tokopedia sebagai tiga merek e-commerce terbesar di Indonesia.

Penawaran program promo dalam jumlah besar, reputasi merek, tanpa ongkos kirim serta penawaran harga paling terjangkau disebut riset MarkPlus Inc. sebagai faktor mendorong ketiganya merajai daftar e-commerce terbesar di Indonesia.

“Dengan harga paling rendah, konsumen bisa mendapatkan barang diinginkan dengan kualitas sama dengan yang dijual di e-commerce lain maupun gerai offline,” ujar Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, sekaligus penanggungjawab riset Irfan Setiawan.


Pada kategori harga paling bersaing, MarkPlus melakukan riset pada responden dalam lima kelompok usia berbeda, yaitu kurang dari 19 tahun, 19-24 tahun, 24-30 tahun, 31-35 tahun, dan di atas 35 tahun.

Hasilnya, responden menyebut bahwa Shopee dan Tokopedia sebagai merek dengan penawaran harga paling bersaing, dengan Shopee sebagai juara. Shopee menduduki peringkat teratas dalam empat kelompok usia, sedangkan Tokopedia lebih banyak disukai oleh kelompok usia di atas 35 tahun.

Secara keseluruhan riset pada kategori merek e-commerce dengan penawaran harga paling terjangkau, Shopee memperoleh suara responden sebesar 42,8 persen, sedangkan Tokopedia meraih suara sebesar 19,8 persen, dan Bukalapak sebesar 17,5 persen.

Menyoal sebaran konsumen, riset yang mengambil sampel responden di enam kota besar, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makasar ini menyatakan bahwa sebagian besar konsumen di kota ini memilih Shopee sebagai merek e-commerce berharga paling terjangkau.

Sementara itu, Tokopedia menjadi merek pilihan responden terbanyak kedua di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya, sebagai penawar harga paling terjangkau, sedangkan Lazada menjadi nomor dua di kota Medan dan Makasar.

Riset ini menyebut Bukalapak masuk ke dalam daftar tiga besar e-commerce penawar harga paling terjangkau ini di beberapa kota. MarkPlus Inc. menilai keberhasilan merek e-commerce tersebut berkat pemilihan strategi pemasaran yang berbeda dan tidak umum.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.