AMD Radeon VII.
AMD Radeon VII.

AMD Radeon VII Dirilis, Begini Spesifikasinya

Teknologi amd hardware kartu grafis vga
Cahyandaru Kuncorojati • 11 Februari 2019 11:31
Jakarta: Minggu lalu, Medcom.id menggelarunboxing kartu garfis terbaru AMD Radeon VII. Ini adalah VGA pertama di dunia dengan GPU 7nm. Kini AMD mengumumkan spesifikasi dari produk yang disebut bersaing dengan NVIDIA GeForce RTX.
 
AMD menyebut AMD Radeon VII adalah kartu grafis yang menyasar dua segmen sekaligus, gamer dan enthusiast atau konten kreator.
 
"AMD Radeon VII adalah kartu grafis gaming dengan performa tertinggi yang pernah kami ciptakan. Kartu grafis ini dirancang untuk para antusias, gamer, dan kreator," jelas AMD Corporate Vice President dan General Manager, Radeon Technologies Group, Scott Herkelman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AMD Radeon VII yang diciptakan dengan arsitektur GPU Vega generasi kedua fabrikasi 7nm diklaim menyediakan dua kali lipat kapasitas memori dan bandwidth dibandingkan seri Radeon Vega 64. GPU tersebut memuat 13,2 miliar trasnistor dengan 3.840 unit stream processor.
 
AMD Radeon VII Dirilis, Begini Spesifikasinya
 
Kartu grafis ini memiliki kapasitas memori atau VRAM sebesar 16GB tipe HBM2 dengan memori bandwidth 1TB per detik. Base clock yang berjalan sebesar 1400MHz dengan boost clock mencapai 1750MHz.
 
AMD Senior Manger and Product Management Radeon Technologies Group, Scott Watson, menjelaskan bahwa kapasitas VRAM yang besar disediakan untuk memenuhi beban kerja software atau aplikasi saat ini, yang membutuhkan hardware mumpuni sekaligus kapasitas VRAM besar untuk multitasking.
 
Misalnya, dalam proses video encoding di aplikasi Adobe Premiere kartu grafis ini diklaim mampu melakukan beban kerja untuk video resolsusi 8K dan 4K. Pada resolusi 8K dikonsumsi VRAM sebesar 11,5GB dan di 4K dikonsumsi kapasitas 10,2GB.
 
Kondisi ini juga berpengaruh saat digunakan untuk bermain game. Kapasitas VRAM yang lebih besar mendukung game untuk dimainkan pada resolusi gambar sangat tinggi. Apabila kapasitas VRAM hanya sedikit, biasanya akan terjadi efek stuttering akibat rentang frame time yang naik turun atau tidak stabil.
 
AMD Radeon VII Dirilis, Begini Spesifikasinya
 
Scoot dalam penjelasannya sempat memberikan grafis perbandingan antara AMD Radeon VII dengan NVIDIA GeForce RTX 2080 yang hanya memiliki VRAM 8GB. Jadi memiliki VRAM besar akan sangat menunjang kebutuhan penggunanya.
 
AMD menyebutkan bahwa Radeon VII dibanderol USD699 atau senilai Rp9,8 juta. Harga ini sebanding dengan NVIDIA GeForce RTX 2080 8GB saat pertama kali dirilis pada bulan Agustus lalu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif