Ilustrasi. (AFP PHOTO / NICOLAS ASFOURI)
Ilustrasi. (AFP PHOTO / NICOLAS ASFOURI)

YouTube Matikan Komentar di Video Anak

Teknologi youtube
Ellavie Ichlasa Amalia • 02 Maret 2019 13:17
Jakarta:YouTube mengambil langkah drastis untuk mengatasi kontroversi terkait komentar dari predator anak di video yang menampilkan anak dan remaja.
 
Dalam rangka untuk memastikan layanannya aman, YouTube kini akan menonaktifkan bagian komentar dari sebagian besar video yang menampilkan anak.
 
Meskipun begitu, YouTube juga berjanji bahwa mereka akan tetap memberikan cara bagi para kreator untuk menerima komentar dari para penonton. Hanya saja, YouTube memberikan satu syarat. Kreator dari video yang menampilkan anak harus menyaring bagian komentarnya dan memastikan tidak ada komentar dari predator yang muncul.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


YouTube juga akan bekerja sama dengan para kreator itu untuk menemukan komentar yang tidak senonoh terkait anak dan remaja, menurut laporan Digital Trends.
 
Dalam sebuah artikel blog, YouTube menjelaskan bahwa mereka telah menonaktifkan bagian komentar dari puluhan juta video yang menjadi tempat para predator anak berkumpul.
 
Sayangnya, dalam beberapa kasus, ini menyebabkan sang kreator tidak bisa mendapatkan uang dari video yang telah dia unggah. Namun, ke depan, YouTube akan membuat klasifikasi khusus untuk memastikan kreator tetap bisa memasang iklan.
 
"Karakteristik klasifikasi khusus ini tidak akan memengaruhi iklan pada video Anda," kata YouTube. "Kami mempercepat peluncuran fitur ini dan sekarang, kita punya pengklasifikasian komentar khusus yang dapat mendeteksi dan menghapus komentar individu hingga dua kali lebih banyak."
 
Setelah muncul kontroversi terkait predator anak ini, beberapa perusahaan memutuskan untuk berhenti beriklan di YouTube. Salah satunya adalah Epic Games, developer Fortnite. Masih belum diketahui apakah perusahaan yang telah berhenti beriklan akan kembali memasang iklan setelah YouTube membuat perubahan ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif