Microsoft rilis update untuk Windows versi lama.
Microsoft rilis update untuk Windows versi lama.

Ada Celah Berbahaya, Microsoft Perbarui Windows Lawas

Teknologi microsoft cyber security
Ellavie Ichlasa Amalia • 15 Mei 2019 14:49
Jakarta:Microsoft memperingatkan pengguna Windows versi lama untuk segera mengunduh dan memasang update agar terlindungi dari celah keamanan.
 
Perusahaan software itu telah menutup celah kendali dari jauh di Remote Desktop Services yang ada pada Windows XP, Windows 7, dan sistem operasi server seperti Windows Server 2003, Windows Server 2008 R2, dan Windows Server 2008.
 
Kali ini, Microsoft mengambil tindakan yang cukup tidak biasa karena mereka memutuskan untuk tetap meluncurkan patch untuk Windows XP dan Windows Server 2003, walau keduanya sudah tidak lagi mendapatkan dukungan update. Pengguna Windows XP harus mengunduh update secara manual dari katalogMicrosoft.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kelemahan ini sebelum proses autentikasi dan tidak memerlukan interaksi dari pengguna," kata Simon Pope, Director of Incident Response, Security Response Center, Microsoft, lapor The Verge.
 
"Dengan kata lain, kelemahan ini 'wormable', yang berarti di masa depan, malware yang memanfaatkan celah ini bisa bisa menyebarkan diri dari satu komputer yang tak terlindungi ke komputer lain yang juga tak terlindungi layaknya malware WannaCry menyebar di dunia pada 2017."
 
Microsoft mengatakan, mereka belum menemukan serangan yang memanfaatkan celah keamanan ini.
 
Namun, mengingat patch untuk celah itu telah tersedia, hanya masalah waktu sebelum kriminal siber melakukan reverse engineering dan membuat malware berdasarkan patch dari Microsoft. Untungnya, komputer yang menggunakan Windows 8 dan Windows 10 tidak terpengaruh oleh kelemahan tersebut.
 
Saat ini, jumlah pengguna Windows 10 memang akhirnya lebih banyak dari Windows 7. Namun, tetap banyak orang yang menggunakan Windows 7. Jadi, jika Microsoft tidak meluncurkan update untuk menambal celah yang ada, ini bisa menyebabkan masalah pada banyak orang.
 
Ketika ransomware WannaCry menyebar ke lebih dari 100 negara, Microsoft menyediakan patch untuk Windows yang tidak lagi mendapatkan dukungan update, walau bertentangan dengan tradisi mereka selama ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif