Ponsel Baru Samsung Pakai Pemindai Sidik Jari di Sisi Bodi?

Lufthi Anggraeni 13 September 2018 15:41 WIB
samsung
Ponsel Baru Samsung Pakai Pemindai Sidik Jari di Sisi Bodi?
Samsung dikabarkan akan menghadirkan smartphone dengan sensor pemindai sidik jari di bagian sisi bodi.
Jakarta: Saat pertama kali memperkenalkan sensor pemindai sidik jari pada smartphone karyanya, Samsung memilih untuk mengintegrasikannya di tombol Home.

Kemudian, lokasi penyematan sensor ini berpindah akibat perubahan tren Infinity Display, mengharuskan perusahaan ini menghilangkan tombol fisik Home.

Penghilangan tombol ini mempengaruhi keputusan Samsung untuk memindahkan lokasi sensor ke bagian belakang bodi perangkat. Kini, salah seorang tipster menyebut Samsung tengah bersiap mengikuti tren yang diusung Sony dan Motorola.


Samsung akan merilis smartphone dengan sensor pemindai sidik jari terintegrasi di bagian bingkai alumunium, pada akhir tahun 2018 ini. Namun saat ini, masih belum tersedia informasi detil terkait spesifikasi smartphone tersebut.

Mengingat Samsung telah meluncurkan perangkat unggulan terbarunya pada tahun ini, smartphone dengan bekal teknologi tersebut diperkirakan akan diluncurkan sebagai perangkat segmen menengah, dirumorkan sebagai Galaxy A8+ (2018), yang baru-baru ini muncul di situs Samsung.

Letak sensor pemindai sidik jari baru ini akan memungkinkan Samsung menciptakan desain lebih mulus dan rapi, serta menghindari penempatan sensor yang berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan jika ditempatkan di bagian belakang.

Sementara itu, jika lokasi tersebut dapat diterima konsumen, Samsung akan mengadopsi desain serupa untuk perangkat unggulan selanjutnya, seri Galaxy S10. Laporan sebelumnya mengklaim bahwa perangkat unggulan Samsung selanjutnya akan berbekal sensor pemindai sidik jari di layar.

Informasi tersebut seolah menjadi bantahan untuk rumor ini, karena Samsung tengah mencari lokasi penempatan sensor alternatif.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.