Jelang Imlek, Wanita Lebih Suka Beli Baju di E-Commerce

Ellavie Ichlasa Amalia 15 Februari 2018 15:07 WIB
perayaan imlekshopback
Jelang Imlek, Wanita Lebih Suka Beli Baju di E-Commerce
Jelang Imlek, banyak orang yang membeli perlengkapan Imlek di toko online. (ANTARA FOTO / Mohammad Ayudha)
Jakarta: Sebanyak 60,3 persen masyarakat Indonesia di kota besar membeli perlengkapan untuk perayaan Imlek melalui toko online. ShopBack melakukan survei pada 1.100 orang berumur 18-28 tahun yang tinggal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.

Alasan mereka membeli perlengkapan untuk Imlek online adalah karena lebih murah, lebih efisien dan lebih mudah. Baju baru menjadi barang yang paling sering dibeli oleh responden.

Menariknya, ada perbedaan perilaku belanja yang mencolok antara responden pria dan wanita. Sementara wanita lebih suka membeli baju melalui situs e-commerce, pria justru lebih memilih untuk membeli baju di pusat perbelanjaan, butik atau toko baju. 


"Berdasarkan hasil survei, rata-rata uang yang dihabiskan masyarakat untuk Imlek di toko online dan offline tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan," kata Co-founder dan Country Head of ShopBack Indonesia, Indra Yonathan. "Rata-rata, responden menghabiskan hingga Rp725 ribu di toko online dan Rp890 ribu di toko offline untuk membeli kebutuhan Imlek."

Belanja online tidak hanya dilakukan untuk mempersiapkan diri untuk merayakan Imlek, tapi juga merupakan kegiatan favorit nomor dua saat liburan Imlek. Sebanyak 26 persen responden mengaku akan berbelanja online saat Imlek. Berbelanja online hanya dikalahkan oleh berkumpul bersama keluarga, yang dilakukan oleh 67,8 persen responden. 



Sementara itu, 42,9 persen responden yang masih mendapatkan angpao mengatakan bahwa mereka akan menabung sebagian dari uang yang mereka dapatkan.

Sebanyak 52 persen responden mengatakan akan menyimpan angpao sebagai tabungan sementara 48 persen sisanya akan menggunakan uang tersebut untuk berbelanja. 

Salah satu barang yang paling dicari masyarakat Indonesia menjelang Imlek tahun ini adalah pohon jeruk Imlek untuk hiasan. Hal ini terlihat dari meningkatnya pencarian tentang pohon jeruk Imlek.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, kata kunci tersebut naik delapan kali lipat, menurut data Google Trends. 



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.