VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono.
VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono.

Telkomsel Digital Creative Entrepreneurs ke-3 Dukung Kapabilitas Digital UMKM

Cahyandaru Kuncorojati • 07 Desember 2023 10:18
Jakarta: Bertujuan mendorong akselerasi transformasi digital di sektor Usaha Kecil Menengah
(UKM) Indonesia, Telkomsel kembali menggelar program 'Digital Creative Entrepreneurs' (DCE) untuk tahun ketiga.
 
Program DCE mengusung tema ‘Upgrade to Accelerate’ diklaim mewakili fokus Telkomsel terhadap peningkatan kapasitas dan kapabilitas digital UKM yang dapat memaksimalkan potensi ekonomi digital Indonesia.
 
Selain itu, program ini disebut upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan Telkomsel yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG).

Telkomsel meningkatkan program DCE ke-3 tahun ini dengan kurikulum yang dikembangkan khusus untuk akselerasi pertumbuhan skala usaha UKM, membuka peluang proposal kolaborasi dengan ekosistem digital Telkomsel, penyelenggaraan kelas intensif bersama mentor dan ahli secara offline.
 
BACA JUGA: Begini Cara Nonaktifkan Paket Darurat Telkomsel, Gampang
 
Telkomsel membuka pendaftaran program DCE hingga 27 Februari 2024 bagi UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care.
 
“Selaras dengan semangat Indonesia untuk berbagi harapan akan kemajuan negeri, yang menginspirasi semangat Telkomsel untuk terus berupaya menciptakan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan,” kata VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono.
 
“Dengan mengimplementasikan prinsip ESG, program DCE kami hadirkan kembali dengan mengambil peran sebagai SME impact accelerator guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para entrepreneur dan brand owners UKM lokal,” sambungnya.
 
Menurut hasil riset yang dilakukan firma BCG dan Telkom Indonesia pada 2022 diperoleh data bahwa 77% UKM Indonesia aktif mempekerjakan masyarakat setempat dan 67.5% di antaranya percaya bahwa mereka berdampak positif.
 
Digitalisasi dipercaya mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat hingga 1,4 kali lipat, meningkatkan jangkauan pasar secara nasional hingga 2,1 kali lipat dan kemungkinan ekspor hingga 4,6 kali lipat.
 
BACA JUGA: Syarat dan Cara Mengaktifkan Telkomsel Paylater
 
Selanjutnya upaya akselerasi pertumbuhan bisnis UKM dalam program DCE ke-3 akan dilakukan melalui kegiatan Onboarding bagi 300 peserta terseleksi dari seluruh pendaftar untuk mengenal lebih jauh ekosistem digital Telkomsel dan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha.
 
Kemudian bakal dilakukan kegiatan Pitching Tracks bagi 32 peserta terpilih untuk penilaian business plan dan pemanfaatan digital dalam usahanya. Kegiatan ini dilanjutkan tahap Academy bagi 12 peserta unggulan untuk membangun kapasitas bersama mentor dan ahli serta interaksi secara offline, serta kegiatan Awarding untuk final pitch dari 5 peserta terbaik.
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan