Ilustrasi.
Ilustrasi.

Snapdragon 215 Bawa Fitur Premium untuk Ponsel Pemula

Teknologi qualcomm
Ellavie Ichlasa Amalia • 10 Juli 2019 19:42
Jakarta: Biasanya, fitur seperti dua kamera, layar dengan rasio yang lebih besar, dan telepon VoLTE hanya ada pada smartphone kelas menengah dan atas. Namun, dengan chipset terbaru dari Qualcomm, fitur-fitur itu mungkin juga akan tersedia pada smartphone dengan harga terjangkau.
 
Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 215, yang ditujukan untuk smartphone kelas pemula dengan rentang harga mulai dari USD75 (Rp1 juta) sampai USD130 (Rp1,8 juta). Itu artinya, seperti yang disebutkan oleh Engadget, smartphone kelas pemula di masa depan akan hadir dengan fitur-fitur yang lebih canggih.
 
Snapdragon 215 merupakan chipset seri 200 pertama yang menggunakan arsitektur 64-bit. Hal ini membuat prosesor tersebut dapat berjalan 50 persen lebih cepat dari pendahulunya. Anda akan merasakan peningkatan performa ketika Anda mengutak-atik sistem operasi atau ketika Anda membuka dan menutup aplikasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


CPU baru ini juga memiliki peningkatan terkait layar. Sekarang, platform mobile tersebut mendukung layar dengan rasio 19.9:9 dan resolusi mencapai 1560 x 720.
 
Snapdragon 215 juga menawarkan peningkatan soal kamera. Ini adalah chipset seri 200 pertama yang menawarkan dua Image Signal Processors (SIP). Dengan begitu, chipset tersebut sudah cukup mumpuni untuk mendukung dua kamera agar ponsel bisa mengambil foto dengan efek Portrait. Gambar foto yang dihasilkan juga akan menjadi lebih tajam, mengingat Snapdragon 215 mendukung kamera berlensa dengan resolusi hingga 13MP dan video dengan resolusi hingga 1080p.
 
Qualcomm juga membuat Snapdragon 215 menjadi lebih hemat daya. Chipset terbaru itu memiliki Hexagon Digital Signal Processor (DSP). Qualcomm mengklaim, ini membuat chipset itu dapat memutar musik selama lima hari.
 
DSP tidak hanya membuat ponsel dapat bertahan lebih lama ketika memutar musik, tapi juga ketika ponsel digunakan untuk mengakses GPS. Sehingga, aplikasi seperti Maps akan memakan daya lebih sedikit.
 
Berkat GPU Adreno 308, Snapdragon 215 juga menawarkan render grafik hingga 28 persen lebih cepat. Chipset ini disebutkan akan bisa memutar video hingga 10 jam.
 
Qualcomm juga menambahkan dukungan NFC serta dual-SIM pada Snapdragon 215. Anda bisa melakukan panggilan VoLTE menggunakan kedua kartu SIM.
 
Dengan Cat. 4, kecepatan mengunduh chipset ini mencapai 150Mbps. Snapdragon 215 juga sudah kompatibel dengan WiFi 802.11ac dengan kecepatan unduh sampai 433Mbps.
 
Banyaknya fitur yang tersedia di Snapdragon 215 bukan berarti semua smartphone kelas menengah akan mendapatkan fitur tersebut. Hanya saja, jika perusahaan manufaktur ponsel ingin menanamkan fitur-fitur itu, mereka bisa melakukannya, meski hanya menggunakan Snapdragon 215.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif