Skuter listrik Xiaomi.
Skuter listrik Xiaomi.

GrabWheels Disebut Hanya Cocok Digunakan di Daerah Wisata

Teknologi motor listrik
Husen Miftahudin • 05 Oktober 2019 21:01
Jakarta: Penggunaan otopet atau skuter listrik di jalan raya dinilai perlu kajian mendalam terkait pertimbangan faktor keselamatan dan pemanfaatan mobilitas masyarakat. Salah satunya, skuter listrik seperti GrabWheels milik Grab yang sudah beroperasi di wilayah Jakarta dan Tangerang.
 
Executive Director Rujak Center for Urban Studies (RCUS) Elisa Sutanudjaja berkaca pada penggunaan skuter listrik di kota-kota besar dunia seperti Berlin, Jerman. Di sana, kata dia, pengguna skuter listrik didominasi oleh turis asing, bukan masyarakat lokal.
 
"Ada celotehan yang bilang bahwa pengguna terbesar e-scooter selain turis biasanya mereka mabuk, jadi membahayakan pejalan kaki," ujar Elisa dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 5 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh karena itu, menurut Elisa, penggunaan skuter listrik hanya cocok beroperasi di tempat-tempat wisata atau pusat kegiatan jenis tertentu yang banyak atraksi. Dia menegaskan, skuter listrik tak cocok digunakan di jalan raya.
 
Tak hanya itu, Elisa juga berpegang pada hasil riset University of California, Los Angeles yang menyebutkan penggunaan skuter listrik berpotensi mengakibatkan pengguna cidera fatal. Pasalnya, para pengguna tidak terbiasa mengendarai skuter listrik di kepadatan lalu lintas.
 
Hasil riset itu menunjukkan sebanyak 249 pengguna skuter listrik terlibat kecelakaan. Seluruh korban memerlukan perawatan medis dengan sepertiga di antaranya diangkut ke rumah sakit menggunakan ambulans.
 
Sebesar 40 persen dari cidera itu adalah patah tulang. Kemudian menderita trauma kepala sebesar 31,7 persen. Sementara sebesar 27,7 persen korban menderita luka, terkilir, dan memar.
 
"Penelitian juga menemukan bahwa hanya 4,4 persen pengguna skuter listrik yang menggunakan helm. Kecelakaan yang paling umum dicatat adalah jatuh, tabrakan dengan objek lain, dan pengendara tertabrak kendaraan atau benda lain yang bergerak," kata dia.
 
Dalam beberapa pekan terakhir di wilayah DKI Jakarta, penyewaan kendaraan listrik nonemisi itu meningkat. Salah satunya Grabwheels, layanan penyewaan skuter listrik bagi para pengguna aplikasi Grab.
 
Otopet listrik yang disewakan oleh Grab tersebut dapat ditemui di dekat keramaian dan pusat layanan publik. Untuk di wilayah Jakarta Pusat seperti di Jalan Kebon Sirih, Bundaran HI, dan
Lapangan Banteng.
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif