Samsung mengumumkan investasi untuk membangun pabrik baru di India.
Samsung mengumumkan investasi untuk membangun pabrik baru di India.

Samsung Investasi Rp6,8 Triliun untuk Bangun Pabrik Smartphone di India

Teknologi teknologi samsung
Lufthi Anggraeni • 20 Januari 2020 12:41
Jakarta: Samsung mengumumkan akan berinvestasi sebesar USD500 juta (Rp6,8 triliun) untuk membangun pabrik di wilayah luar New Delhi, India. Pabrik ini disebut akan menjadi lokasi produksi panel layar perangkatnya.
 
Mengutip TechCrunch, Samsung mengungkapkan investasi ini dan rencananya untuk mendaftarkan dokumen terkait kepada pemerintah India pada awal bulan Januari ini. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini menyebut pabrik itu tidak hanya akan memproduksi panel layar untuk smartphone.
 
Panel layar hasil produksi pabrik itu juga akan digunakan untuk perangkat elektronik lain karyanya. Dalam dokumen pendaftaran kepada pemerintah, Samsung mengungkap telah mengalokasikan sejumlah lahan di area pabriknya di Noida untuk membangun pabrik baru tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada tahun 2018 lalu, Samsung membuka pabrik di Noida yang diklaimnya sebagai pabrik mobile terbesar di dunia. Untuk pabrik tersebut, Samsung menggelontorkan dana sebesar USD700 juta (Rp9,5 triliun).
 
Pabrik ini diprediksi akan membantu Samsung meningkatkan kapasitas komponen smartphone karyanya secara signifikan dari wilayah India, dan mengakses rangkaian keuntungan pajak yang ditawarkan oleh pemerintah New Delhi.
 
Keuntungan tersebut akan bermanfaat bagi Samsung untuk menghadapi Xiaomi, perusahaan smartphone asal Tiongkok, yang menjadi pesaing utama Samsung di wilayah India. Sebagai informasi, Samsung kini merupakan produsen smartphone terbesar kedua di India.
 
India merupakan pasar smartphone terbesar kedua di dunia dengan hampir 500 juta pengguna. Sementara itu, Samsung baru-baru ini kehilangan pangsa pasarnya di India, setelah dikalahkan realme.
 
Menurut sejumlah analis, realme berhasil mengalahkan pencapaian pangsa pasar Samsung di India di kuartal yang berakhir pada bulan Desember lalu. Sebelumnya, leakster Icer Universe mengunggah rincian dari model sensor gambar yang akan digunakan oleh lini Samsung Galaxy S20.
 
Informasi ini menampilkan bahwa Samsung akan menggunakan perpaduan sensor karya Samsung dan Sony. Salah satu informasi tersebut mengindikasikan kamera utama Samsung Galaxy S20 Ultra disebut akan menggunakan sensor S5KHM1 108MP.
 
Sensor tersebut diperkirakan sebagai versi khusus dari sensor 108MP lain Samsung, seperti yang digunakan oleh Xiaomi Mi Note 10, yaitu S5KHMX.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif