Drone DJI.
Drone DJI.

Rusia Sebut Drone Senjata Ampuh, DJI Marah

Cahyandaru Kuncorojati • 16 Agustus 2022 09:41
Jakarta: Merek pembuat drone ternama dan besar di dunia yaitu DJI asal Shenzhen, Tiongkok, disebut marah akibat pernyataan yang dirilis oleh perwakilan kedutaan besar Rusia di negara tersebut.
 
Di sebuah unggahan media sosial Weibo yang sudah dihapus, Yuri Baluyevsky mantan Jenderal Angkatan Bersenjata Rusia merilis sebuah buku yang menyebutkan drone DJI menghadirkan revolusi teknologi bagi senjata perang.
 
Lebih tepatnya, drone seri DJI Mavic disebut membantu meningkatkan akurasi yang dibutuhkan senjata meriam artileri. Jadi drone tersebut digunakan untuk menentukan titik koordinat target. Hal ini jelas membuat merek DJI meradang karena produknya dianggap sebagai senjata perang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Balasannya, pihak DJI membuat unggahan yang menyatakan secara tegas drone buatannya hanya digunakan untuk sipil dan tidak memenuhi standar militer. Meskipun pihak kedutaan besar Rusia sudah menghapusnya, dikutip dari situs PCMag ternyata masyarakat Tiongkok terlanjur marah.
 
Laporan menyebutkan bahwa unggahan tersebut sempat dibanjiri komentar negatif dari netizen Tiongkok. DJI sendiri bisa disebut sebagai satu-satunya produsen drone yang masih bertahan setelah begitu banyak kompetitornya yang tumbang.
 
Tentu saja pernyataan Rusia bisa mengancam keberlangsungan bisnis DJI. Sebelumnya beberapa tahun lalu DJI sempat dilarang dijual di Amerika Serikat karena dituding mengirimkan data ke pemerintah Tiongkok.
 
Di bulan April, DJI sendiri sudah menghentikan penjualan ke Rusia setelah terbukti drone mereka digunakan oleh pihak Rusia dan Ukraina untuk berperang. Namun melihat pernyataan di atas tampaknya langkah yang diambil DJI sudah terlambat.
 
Berbeda dari drone DJI yang berukuran besar, seri DJI Mavic merupakan drone dengan desain ringkas karena lengan baling-baling bisa dilipat. Desainnya kecil dan ringan tapi memiliki fitur dan performa hampir sekelas drone biasa yang berukuran besar.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif